Pelatihan Aplikasi Sapawarga Gelombang Terakhir Digelar di Pamarican

posted in: Kabar Ciamis | 0

Pamarican (04/10), Diskominfo Kabupaten Ciamis selenggarakan Pelatihan Aplikasi Sapawarga gelombang terakhir dengan peserta dari Kecamatan Pamarican, Kecamatan Cidolog, dan Kecamatan Cimaragas. Pelatihan kali ini dihadiri oleh perwakilan dari Diskominfo Provinsi Jawa Barat.

Mengawali kegiatan, Camat Pamarican selaku tuan rumah memberikan sambutan selamat datang kepada peserta. Selanjutnya Kadiskominfo Kabupaten Ciamis Aef Saefuloh, S.Sos., M.Si. memberikan sambutan dan sekaligus membuka pelatihan secara resmi. Aef menjelaskan program ini merupakan salah satu program unggulan Gubernur Jawa Barat dalam bentuk inovasi pelayanan publik yang didesain responsif, integratif dan responsif dari Pemprov Jabar sebagai sarana untuk menyampaikan aspirasi warga masyarakat Jawa Barat. “Aplikasi ini merupakan bentuk keseriusan Pemprov Jabar dan Pemkab Ciamis dalam menyambut Revolusi Industri 4.0 sehingga diharapkan para peserta pelatihan mengikutinya dengan penuh keseriusan” ungkapnya.

Dalam kesempatan ini Kadiskominfo juga menjelaskan tentang arah pembangunan Kabupaten Ciamis yang menuju smartcity. “Sesuai dengan misi ke lima Bupati Ciamis Dr. H. Herdiat Sunarya dan Wakil Bupati Yana D. Putra yaitu meningkatkan tata kelola pemerintahan yang efektif dan efisien, Ciamis akan meningkatkan pelayanan publik berbasis elektronik” ujarnya. Ini sudah merupakan tuntutan di era revolusi industri 4.0. Pada intinya Aef mengajak kepada seluruh masyarakat Ciamis untuk berbuat yang terbaik bagi kemajuan Tatar Galuh Ciamis.

Selanjutnya Kepala Seksi Telematika Diskominfo Kabupaten Ciamis, Hendri Ridwansyah, ST., MM. menjelaskan bahwa pelatihan aplikasi sapawarga di Kabupaten Ciamis akan diselenggarakan sebanyak 7 gelombang dengan total peserta yang akan dilatih sebanyak 253 orang tersebar di Kabupaten Ciamis. Pelatihan hari ini di Pamarican merupakan pelatihan gelombang terakhir di Kabupaten Ciamis.

Pelatihan diawali dengan instalasi aplikasi sapawarga pada gadget yang telah diterima oleh masing-masing perwakilan Ketua RW dan perangkat desa. Pelatihan ini menggunakan metode simulasi secara live view sehingga para peserta tidak kesulitan untuk mengikuti langkah-langkah penggunaan aplikasi. Selanjutnya peserta diberikan akses masuk aplikasi sehingga bisa diketahui apa saja menu layanan yang ada pada aplikasi sapawarga tersebut yang diantaranya adalah menu Lapor, Usulan, Survey, Polling, Saber Hoax, Info Harga, dan e-samsat. Para Pendamping Lokal Desa pun mengikuti tahapan pelatihan dengan seksama karena diharuskan untuk membantu mensosialisasikan dan melatih perangkat desa dan Ketua RW lainnya yang tidak dapat mengikuti pelatihan pada kesempatan ini.

 

Press Release by Diskominfo

Our Reader Score
[Total: 1 Average: 5]
(Visited 77 times, 1 visits today)