Bupati Ciamis Hadiri Evaluasi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi dan Akuntabilitas Instansi Pemerintah

posted in: Kabar Ciamis | 0

Bertempat di Balai Kota Tasikmalaya dilaksanakan evaluasi pelaksanaan Reformasi Birokrasi dan Akuntabilitas Instansi Pemerintah untuk Kabupaten Ciamis, Kota Tasikmalaya dan Kabupaten Tasikmalaya, Senin 7 Oktober 2019.

Hadir dalam kesempatan tersebut, evaluator dari KemenPANRB, perwakilan Biro Organisasi Pemprov Jabar, Bupati Ciamis, Sekda Kabupaten Ciamis, Sekda Kota Tasikmalaya, Asisten Pemkab Tasikmalaya, para Kepala OPD beserta tamu undangan lainnya.

Bupati Ciamis Dr. H. Herdiat Sunarya dalam sambutannya memaparkan langkah-langkah strategis dalam mengimplementasikan RPJMD Kabupaten Ciamis Tahun 2019-2024 yang didalamnya terdapat 19 indikator strategis pembangunan daerah beserta target yang ingin dicapai untuk 5 tahun kedepan. Salahsatu indikatornya adalah hasil evaluasi SAKIP Kabupaten Ciamis dengan predikat eksisting “B” yang ingin ditingkatkan menjadi predikat “A”. “Hasil Evaluasi SAKIP Kabupaten Ciamis yang saat ini di predikat “B” kalau bisa langsung ke “A” tidak harus ke “BB” dulu” ujar Bupati.

Bupati juga menjelaskan bahwa RPJMD Kabupaten Ciamis 2019-2024 telah ditetapkan dalam Peraturan Daerah, dengan Visi “Mantapnya Kemandirian Ekonomi Sejahtera Untuk Semua” serta enam Misi yaitu : Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia, Meningkatkan ketersediaan infrastruktur yang mendukung pengembangan wilayah, Mengembangkan perekonomian yang berbasis ekonomi kerakyatan potensi unggulan lokal dan pemberdayaan masyarakat, Meningkatkan kualitas daya dukung lingkungan untuk mendukung pembangunan berkelanjutan, Meningkatkan tata kelola pemerintahan yang efektif dan efisien, serta memperkuat otonomi desa dalam rangka mewujudkan kemandirian masyarakat dan Desa.

Bupati mengintruksikan seluruh Kepala SKPD dapat bekerja dengan lebih baik lagi untuk mewujudkan Visi dan Misi tersebut.

Evaluator dari KemenPANRB menanggapi keinginan Bupati untuk dapat meningkatkan hasil evaluasi SAKIP Kabupaten Ciamis. “Untuk dapat meningkatkan hasil evaluasi SAKIP dari B ke A terdapat beberapa hal yang dipersyaratkan, diantaranya ialah terintegrasinya aplikasi pemerintahan” ujarnya.

Acara evaluasi dilanjutkan dengan penyampaian materi ekspose dari beberapa SKPD.

 

Press Release by Diskominfo

Our Reader Score
[Total: 1 Average: 5]
(Visited 136 times, 1 visits today)