Peran Serta Kader Posyandu Cibunar Dalam Upaya P4GN

posted in: BNN News, Kabar Ciamis | 0

Sadananya, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Wadah Aspirasi dan Partisipasi Masyarakat (WISMA) Ciamis menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Penyalahgunaan Narkoba bagi Kader Posyandu, bertempat di Lembur Kaulinan Cibunar Sukajadi Kecamatan Sadananya, Kamis (31/10/2019).

Menurut Deni Wahyu Jayadi, S.HI., atau lebih dikenal dengan Deni WJ, selaku Ketua dari LSM WISMA Ciamis menjelaskan kegiatan ini untuk memberikan ilmu pengetahuan serta pemahaman kepada Ibu-Ibu kader Posyandu akan bahayanya penyalahgunaan narkoba.

Kenapa Ibu-ibu, Deni menjelaskan bahwa peran seorang ibu di dalam keluarga sangat besar perannya, Ibu bagian dari orang tua yang memiliki fungsi kontrol yang luas kepada anak-anaknya di rumah. Kaitan dengan fungsi pencegahan, ibu merupakan pondasi awal dari pencegahan itu sendiri.

Tidak sedikit teman-teman yang menyalahgunakan narkoba diakibatkan salah satunya berangkat dari permasalahan yang ada di keluarga. Oleh sebab itu ibu-ibu harus mendapatkan ilmu pengetahuan dan informasi tentang bahaya narkoba sehingga mampu untuk melakukan pencegahan secara dini bagi anak-anaknya, pungkas Deni WJ.

Selanjutnya menurut Deny Setiawan, S.Sos., M.M., selaku Narasumber dari BNNK Ciamis mengatakan permasalahan narkoba sekarang ini sudah merambah ke berbagai kalangan usia, dari usia dewasa hingga kalangan anak-anak. Maka darpada itu, di masa anak-anak ini perlu dibekali dengan pengetahuan dan informasi mengenai bahaya penyalahgunaan narkoba dan dampak buruknya dari mengkomsumsi narkoba.

Narkoba tidak mengenal usia dan tingkatan sosial, Orang tua, remaja bahkan sampai anak anak yang masih di bangku sekolah pun menjadi sasaran para pengedar Narkoba.

Untuk itu kita berharap dengan sosialisasi ini para Ibu-Ibu kader posyandu mampu dan memiliki pengetahuan tentang bahaya penyelahgunaan narkoba, sehingga bisa melakukan pencegahan dini kepada anak yang merupakan penerus generasi bangsa dari penyalahgunaan narkoba

Melalui kegiatan ini pula selain menambah pengetahuan, pemahaman, dan kesadaran Ibu-Ibu akan bahaya penyalahgunaan Narkoba, diharapkan juga dapat berperan aktif dalam upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN)

Kepada ibu-ibu kader posyandu dihimbau untuk mampu menjadi penggiat anti narkoba dan mampu untuk menyebarkan informasi tentang bahaya penyalahgunaan narkoba di lingkungan masing-masing, sehingga mampu untuk mewujudakan lingkungan keluarga yang bersih narkoba (Bersinar), pungkas Deny

Deny pun dalam kegiatan ini memberikan bahan kontak kepada peserta berupa plakat, leaflet dan bahan kontak lainya yang berisi tentang himbauan dan informasi tentang bahaya penyalahgunaan narkoba.

 

Press Release By BNNK Ciamis

Our Reader Score
[Total: 1 Average: 5]
(Visited 29 times, 1 visits today)