Verifikasi Akhir Program P2WKSS Di Pamarican

posted in: Kabar Ciamis | 0

CIAMIS, – Program Terpadu Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS] merupakan program yang dilaksanakan secara terpadu dimana berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) melakukan intervensi program ke Desa Margajaya Kecamatan Pamarican Khusunya 100 kepala keluarga binaan di bawah koordinasi Dinas P2KBP3A dengan sasaran wanita usia 15 sampai dengan 60 tahun. Masyarakat dibimbing dan dilakukan pembinaan  dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Ciamis  kurang lebih selama 10 bulan,

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua TP PKK Desa Margajaya Kecamatan Pamarican pada kegiatan Verifikasi Akhir Program P2WKSS di Lapangan Bola Margajaya Pamarican, Senin 11 November 2019. Lebih lanjut dikatakan, “kurang lebih 824 juta total anggaran yang dikuncurkan dari berbagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan berharap warga Desa Margajaya semakin maju, sejahtera dan mandiri,” ujarnya.

Dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) diadakan sosialisasi penanggulangan bencana, dari Badan Narkotika Nasional Kabupaten berupa penyuluhan narkoba, Diskoperindag berupa pelatihan pengemasan, Dinas kesehatan berupa penyuluhan Posyandu dan Pola Hidup Bersih dan Sehat, PKK mengenai administrasi PKK dan pemanfaatan  halaman, sementara dari Dinas Pertanian memberikan bibit tanaman untuk ditanam di halaman.

Untuk peningkatan kesejahteraan ada pelatihan menjahit dari Dinas Tenaga Kerja, selain itu juga P2WKSS kali ini berintegrasi dengan program “sekoper cinta” mengadakan kegiatan pelatihan menjahit, pembuatan kue yang produknya dipamerkan,

Untuk program “ngabaso”, Ngabring Kasakola mengadakan kegiatan berupa mengantar anak oleh relawan agar anak merasa aman nyaman, mandiri dari dan ke sekolah, pembuatan halte, dan trotar, Sementara organisasi GOW pelatihan memotong rambut dan merias wajah.

Sementara itu, Kepala Desa Margajaya, Kuswara mengatakan, “merasa bersyukur dengan adanya program P2WKSS karena merasa terbantu, dengan adanya kucuran dana dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) berupa pembangunan fisik atau pun pelatihan-pelatihan yang sangat membantu pemerintah desa mengingat ketersediaan dana APBDES sangat terbatas,” ujarnya.

Ketua tim verifikasi, Dra. Hj Emma Siti Fatimah MSi menyampaikan, “melalui kegiatan P2WKSS diharapkan agar bisa mewujudkan kesetaraan gender, hal tersebut sangat sesuai karena perempuan menjadi obyek dan subyek utama program ini,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Asisten 2 mewakili Bupati Ciamis, Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Ciamis, Kepala Dinas DP2KBP3A, dan unsur Muspika Kecamatan.

 

Press Release By Diskominfo Ciamis

Our Reader Score
[Total: 0 Average: 0]
(Visited 141 times, 1 visits today)