Meriahkan Hari Aksara Internasional, Disdik Ciamis Gelar Pameran dan Lomba-Lomba

posted in: Kabar Ciamis | 0

CIAMIS, Peringatan Hari Aksara Internasional (HAI) ke 54 tingkat Kabupaten Ciamis diwarnai dengan kegiatan Lomba-lomba dan Pameran Produk Unggulan dari Satuan Pendidikan Nonformal yang dipusatkan di Islamic Centre Ciamis, 18-19 November 2019.

Menurut Kepala Bidang PAUD dan Dikmas Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis, Hj. Lilis Budimulyani, S. Sos, MM, “lomba yang diselenggarakan diantaranya lomba bercerita, baca puisi, kawih sunda, cerdas cermat, dan pameran produk unggulan, ujarnya.

“para peserta kegiatan lomba ini adalah peserta didik yang tergabung di satuan pendidikan nonformal seperti PKBM, Kursus dan TBM,” ujarnya menambahkan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menetapkan Tema Nasional Hari Aksara tahun ini yakni “Ragam Budaya Lokal dan Literasi Masyarakat”, dengan tujuan bahwa program Pendidikan Keaksaraan dapat memanfaatkan peluang dari Keberagaman budaya dan bahasa serta mensosialisasikan kebijakan dan program Percepatan Penuntasan Buta Aksara di Indonesia melalui program Gerakan Literasi Nasional.

Lebih lanjut dikatakan Kabid PAUD Dikmas, selain pelaksanaan lomba-lomba, kegiatan ini dimeriahkan juga dengan pameran produk unggulan seperti yang terlihat di stan-stan yang memamerkan aneka khas kuliner maupun kerajinan tangan seperti kalua jeruk, opak, ranginang, wajit takir, perkakas dapur, cendera mata, dan sebagainya.  “hal ini merupakan bentuk ragam budaya lokal dan literasi masyarakat yang tentunya akan berdampak pada tingkat kesejahteraan masyarakat, ” ujarnya menambahkan.

Puncak acaranya sendiri akan dilaksanakan pada hari Selasa, 19 November 2019 yang direncanakan akan dihadiri langsung oleh Bupati Ciamis serta akan diikuti oleh ribuan Pelaku Pendidikan Nonformal dan masyarakat umum lainnya. “Selain menghadiri puncak acara besok, pak Bupati juga akan mencanangkan Penuntasan Wajar Dikdas 9 tahun melalui Gerakan Masyarakat Ayo Sekolah atau GERMAS untuk Ciamis Sejahtera, Ujar Kabid PAUD Dikmas menambahkan. “Hal ini tentunya akan meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia di Kabupaten Ciamis,” pungkasnya.

Apa itu Hari Aksara Internasional?

Hari Aksara Internasional telah ditetapkan untuk diperingati pada tanggal 8 september melalui konferensi UNESCO pada tanggal 26 Oktober 1966.
Sejak penyelenggaraan HAI pertama pada tahun 1966, peringatan HAI terus dilakukan oleh dunia setiap tahun sebagai wujud memajukan agenda keaksaraan di tingkat global, regional dan Nasional.

Peringatan Hari Aksara Internasional tingkat Nasional telah dilaksanakan tanggal 8 September 2019 lalu di Makasar. Sedangakan pelaksanaan tingkat Provinsi Jawa Barat dilaksanakan di Garut, 14 November lalu.

Melalui Peringatan Hari Aksara Internasional ini diharapkan adanya penyampaian informasi tentang kebijakan gerakan pemberantasan buta aksara penduduk dewasa dan peningkatan literasi masyarakat. (eyk)

 

Press Release By Diskominfo Ciamis

Our Reader Score
[Total: 2 Average: 3]
(Visited 258 times, 1 visits today)