Peringati Hari Korpri, Guru dan Kesehatan, Bupati Ciamis Serahkan berbagai Penghargaan

posted in: Kabar Ciamis | 0

Ciamis, – Bupati Ciamis, Dr. H. Herdiat Sunarya menyerahkan berbagai penghargaan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Perangkat Daerah berprestasi pada Peringatan Hari Korpri ke-48, HUT PGRI ke–74, Hari Guru Nasional dan Hari
Kesehatan Nasional ke- 55 tingkat Kabupaten Ciamis di Lapangan Lokasana Ciamis, Senin 2/12/2019.

Puskesmas Ciamis, SMK N 1 Ciamis dan Forum Kabupaten Sehat menjadi juara Nasional Pembina UKS terbaik dan Sekolah Sehat.

Sementara itu, Diah Sumarliah dari SMPN 1 Cipaku menjadi yang terbaik kategori Lomba Baca Puisi Guru Tingkat Kabupaten Ciamis, diikuti oleh Teguh Pribadi Eska, S.Pd. dari SMPN 1 Sindang Kasih dan Memet Sukmana, S.Pd. dari SMPN 1 Baregbeg sebagai juara 2 dan 3.

Bupati Ciamis dalam sambutannya mengatakan, “pada tahun ini, Korpri akan memperingati dan merayakan ulang tahun ke-48. Sejalan dengan berlakunya undang-undang Aparatur Sipil Negara, KORPRI harus siap bertransformasi menjadi bagian integral dari pemerintah yang berperan menjaga kode etik dan standar profesi, mewujudkan jiwa KORPS sebagai pemersatu bangsa, memberikan perlindungan hukum, serta mengembangkan kesejahteraan anggota, “ujarnya.

“Mengambil filosopi bambu yang akarnya menjadi perekat tanah merupakan simbol memperkokoh dan mempersatukan bangsa. Bambu yang subur di Indonesia tumbuh secara berumpun merupakan simbol solidaritas dan kebersamaan, “ujar Bupati menambahkan.

Adapun tema Peringatan Hari Ulang tahun KORPRI tahun ini yaitu, “KORPRI : BERKARYA, MELAYANI, DAN MENYATUKAN BANGSA”

Selain memperingati Hari Ulang Tahun KORPRI pada saat ini juga memperingati Hari Guru Nasional.
Menurut Bupati Ciamis, ” setidaknya, terdapat tiga ciri Guru Profesional yang harus dimiliki oleh para Guru: Pertama, Guru Profesional adalah Guru yang telah memenuhi kompetensi dan keahlian inti sebagai pendidik, yaitu menyiapkan peserta didik untuk memiliki keterampilan berpikir kritis, kreatif, inovatif, komunikatif dan mampu berkolaborasi. Kedua, seorang guru yang profesional hendaknya mampu membangun kesejawatan. Bersama rekan-rekan sejawat, Guru terus belajar, mengembangkan diri, dan meningkatkan kecakapan untuk mengikuti laju perubahan zaman.
Ketiga, seorang guru yang profesional hendaknya mampu merawat jiwa sosialnya, “ujarnya.

“Para Guru Indonesia adalah para Perjuang Pendidikan yang sesungguhnya, yang menjalankan peran, tugas, dan tanggung jawab mulia sebagai panggilan jiwa,” ujarnya menambahakan.

Berkenaan dengan Hari Kesehatan Nasional ini dengan tema yang diangkat adalah “GENERASI SEHAT INDONESIA UNGGUL”, Bupati Ciamis mengatakan, “Pembangunan Kesehatan sebagai pelaksanaan amanat Undang-Undang Dasar Tahun 1945 telah mencapai hasil yang menggembirakan,” ujar Bupati.

Dihadapan ratusan peserta upacara, Bupati Ciamis menambahkan, “Pembangunan kesehatan kita telah berkontribusi dalam pembangunan manusia dan usia harapan hidup. Meningkatnya Indeks Pembangunan Kesehatan Masyarakat (IPKM) Tahun 2018 adalah bukti nyata capaian Pembangunan Kesehatan sepanjang lima tahun terakhir ini, “tambah bupati.

“Strategi Pembangunan Kesehatan yang kita bangun bersama seluruh komponen kesehatan, baik lintas program maupun lintas sektor, dengan beragam tantangan dan rintangannya telah berhasil menyelesaikan beberapa masalah-masalah kesehatan untuk mewujudkan sumber daya manusia yang sehat, “pungkas Bupati.

Pada kesempatan tersebut, selain diserahkan berbagai penghargaan, diberikan pula Penyerahan Sertifikat dan Uang Kadeudeuh bagi ASN yang memasuki masa Purna bakti, yakni :
Ir. Kustini, (Kepala Dinas Pertanian),
Ibu Empat, (Guru SD Kertasari 1) dan
Endang Rusyana, S.I.P (Lurah Kertasari)

 

Press Release By Bagian Humas Setda

Our Reader Score
[Total: 1 Average: 5]
(Visited 74 times, 1 visits today)