Tim Gabungan Razia Angkutan Umum di Terminal Ciamis

posted in: BNN News, Kabar Ciamis | 0

Ciamis,- Tim Gabungan dari Polres Ciamis, BNN Kabupaten Ciamis, Dishub dan TNI melakukan pemeriksaan kendaraan PO Bus antar Provinsi dan Tes Urine terhadap para supir dan kondektur yang masuk ke Terminal Ciamis, Selasa (10/12/2019).

Menurut Kasi Pemberantasan BNN Kabupaten Ciamis Kompol Ricky Lesmana, S.H., M.M., Ini dalam rangka menghadapi Natal, tahun baru dan menjelang libur panjang. Biasanya terjadi peningkatan penumpang dan mobilitas kendaraan yang liburan dan pulang kampung,” Tes urine dan cek kesehatan untuk antisipasi adanya kecelakaan lalu lintas yang disebabkan human error, atau mungkin diduga karena pengaruh narkotika serta sekaligus mencegah peredaran narkotika yang melibatkan awak angkutan.

“Kami selaku petugas berkewajiban melakukan pemeriksaan tes urine, dikhawatirkan sopir mengemudikan armadanya dalam pengaruh obat terlarang atau kesehatannya terganggu. Selama kegiatan berlangsung sopir bus yang diperiksa urinya tidak ada yang terindikasi menggunakan narkotika,”pungkas Ricky.

Sementara menurut Kasat Lantas Polres Ciamis AKP Sofyan mengatakan, dalam razia ini dari puluhan bus yang diperiksa 5 di antaranya diamankan karena tidak laik jalan. Bahkan satu bus ditemukan tak laik jalan karena sistem pengereman tak berfungsi dengan baik.
“Bus yang sudah lama izin trayeknya tak diperpanjang, maka kita amankan. Supaya pengelola perusahaan otobus segera memperbaharui trayek bagi armada yang masih beroperasi tersebut,” ucapnya

Kegiatan ini akan selalu dilaksanakan untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat yang menggunakan alat trasportasi umum, sebab keselamatan penumpang sangat penting, pungkas Sofyan.

 

Press Release By BNNK Ciamis

Our Reader Score
[Total: 0 Average: 0]
(Visited 90 times, 1 visits today)