Tim Recheking Kesatuan Gerak PKK KKBPK Kesehatan Provinsi Jawa Barat Kunjungi Desa Salakaria Kecamatan Sukadana

posted in: Kabar Ciamis | 0

Sukadana, – Tim Recheking Kesatuan Gerak PKK – Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) – Kesehatan Tingkat Provinsi Jawa Barat mengunjungi Desa Salakaria Kecamatan Sukadana, Selasa, 17/12/2019.

Kedatangan Tim Recheking dari Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Barat diterima langsung oleh Asisten Ekbangkesra, DR. Toto Marwoto, Ketua TP PKK Kabupaten Ciamis, Ny. Hj. Herdiat, Kepala Dinas PPKBPPPA serta Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan Sukadana.

Ketua TP PKK Provinsi Jawa Barat Atalia Ridwan Kamil dalam sambutannya yang disampaikan oleh Ketua Tim Recheking Riki Herdiansyah, SE berharap melalui Recheking ini, diharapkan diperoleh peringkat pelaksana terbaik tingkat Provinsi Jawa Barat dalam tiga kategori yakni Kegiatan Kesrak PKK KKBPK – Kesehatan, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan Lingkungan Bersih Sehat (LBS).

“Kesatunya akan mewakili Provinsi Jawa Barat untuk di ajukan ke pusat guna mengikut perlombaan tiga kegiatan tersebut di tingkat nasional,” ujar Riki.

Dikatakan Riki, “untuk diketahui, sebelumnya, pada bulan Oktober sampai November, TP PKK Provinsi Jawa Barat telah melaksanakan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Kegiatan Kesrak PKK – KKBPK – Kesehatan ke 27 Kabupaten/Kota se-Jawa Barat,” tambahnya.

“Berdasarkan hasil Monev tersebut ditetapkan Kabupaten/Kota yang dinilai baik dalam melaksanakan kegiatan PKK – KKBPK – Kesehatan, salah satunya Kab Ciamis yang di Recheck pada hari ini, “ungkap Riki.

Dihadapan para peserta, Riki menambahkan, “tantangan dan masalah kependudukan di Jawa Barat diantaranya Penduduk Jabar mencapai 43 juta jiwa dengan LPP 1,8. AKI dan AKB yang masih tinggi, angka stanting di jabar yang masih tinggi, ” ujarnya.

“kita sepakat tantangan dan masalah harus diatasi bersama, saya mengajak semua pihak khusunya jajaran tim penggerak PKK dari semua tingkatan beserta kadernya untuk bekerja keras mengatasi semua tantangan dan masalah yang ada, “pungkasnya.

Sementara itu Bupati Ciamis dalam sambutannya yang diwakili oleh Asisten Ekbangkesra, DR. Toto Marwoto, mengatakan, kegiatan Kesatuan gerak PKK – KKBPK – Kesehatan di Kabupaten Ciamis dilaksanakan secara terpadu dan komprehensif oleh TP PKK Kab Ciamis, Dinas PPKBPPPA KAB Ciamis, Dinas Kesehatan dan dinas dinas terkait lainnya dalam melaksanakan akselerasi pencapaian program kesehatan dan Keluarga Berencana.

Dikatakan Toto Marwoto, “dalam pelaksanaan kegiatan pembangunan sesuai dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Ciamis yaitu mantapnya kemandirian ekonomi dan sejahtera untuk semua, “ujarnya.

“Ditambahkan Toto, “secara detail dijabarkan lebih tajam melalui 5 misi yakni, meningkatkan kualitas sumber daya manusia, meningkatkan ketersediaan infrastruktur yang mendukung pengembangan wilayah, mengembangkan perekonomian yang berbasis ekonomi kerakyatan, potensi unggulan lokal dan pemberdayaan masyarakat, meningkatkan kualitas dan daya dukung lingkungan untuk mendukung pembangunan berkelanjutan, meningkatkan tata kelola pemerintahan yang efektif dan efisien, dan juga juga memperkuat otonomi desa dalam rangka mewujudkan kemandirian masyarakat desa.” Ucapnya.

Lebih lanjut dikatakan Toto,” PKK dengan 10 Program pokoknya bertujuan untuk memberdayakan keluarga dalam mencapai kesejahteraan keluarga. Untuk itu, guna meningkatkan efisiensi serta kesinambungan pelaksanaan program di bidang pemberdayaan keluarga, KB dan Kesehatan maka dilaksanakan kegiatan terpadu melalui Kesatuan Gerak PKK – KKBPK – Kesehatan, “pungkasnya. (eyk)

 

Press Release By Diskominfo Ciamis

Our Reader Score
[Total: 4 Average: 1.3]
(Visited 178 times, 1 visits today)