BNPB : Ciamis urutan ke 5 Indeks Area Rawan Bencana se-Jawa Barat

posted in: Kabar Ciamis | 0
Bupati Ciamis mengecek kelengkapan sarana penunjang keselamatan pada kegiatan Apel Siaga tingkat Kabupaten Ciamis

Ciamis, – Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Indeks Area Rawan Bencana di Indonesia, Kabupaten Ciamis menempati urutan ke 5 dari 26 Kabupaten / Kota se-Jawa Barat, sedangkan untuk tingkat nasional menduduki urutan ke 16 dari 494 kabupaten/kota di indonesia. 

Bupati Ciamis, Dr. H. Herdiat Sunarya mengatakan, “bahwa patut kita maklumi bencana adalah peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat yang di sebabkan baik oleh faktor alam atau faktor non alam maupun faktor manusia, yang mengakibatkan timbulnya korban jiwa manusia , kerusakan lingkungan, kerugian harta benda, dan dampak psikologis, “ ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan Bupati,  “perlu di upayakan penanggulangannya melalui serangkaian upaya yang meliputi penetapan kebijakan pengurangan resiko bencana, pencegahan bencana, tanggap darurat dan rehabilitasi pasca bencana,” tambahnya.

Hal tersebut disampaikan Bupati Ciamis pada Apel Siaga Bencana tingkat Kabupaten Ciamis di Taman Kota Alun-Alun Ciamis, Selasa, 22 Januari 2020. 

Dalam Apel Siaga Bencana tersebut, Bupati Ciamis menginstruksikan kepada seluruh jajarannya untuk meningkatkan koordinasi dalam penanganan bencana dengan memaksimalkan semua potensi yang dimiliki serta menjaga danmemelihara semua peralatan yang dimiliki agar tetap berfungsi dengan baik.

“Semua SKPD harus memahami dan menjalankan penanganan kebencanaan sesuai rencana kompetensinya,” ujar Bupati.

Selanjutnya Bupati menginstruksikan untuk membentuk Posko Kewaspadaan bencana baik di tingkat Kabupaten maupun tingkat Kecamatan dan meminta kepada seluruh masyarakat agar tetap waspada dan mengenali jenis-jenis bencana yang kemungkinan terjadi di tempatnya masing-masing.

Dihadapan seluruh peserta apel siaga, Bupati memerintahkan kepada SKPD terkait agar terus melakukan sosialisasi dan menyampaikan informasi tentang kebencanaan supaya masyarakat paham dan mampu menanggulangi bencana secara dini.

Di akhir sambutannya, Bupati mengajak kepada seluruh peserta apel untuk selalu berdoa kepada Alloh SWT agar kita semua terhindar dari bencana yang bisa membawa petaka.

“Harapannya semoga seluruh warga masyarakat di Ciamis ini bisa lebih tersadar dan meningkatkan kepedulian terhadap lingkungannya guna meminimalisir kemungkinan-kemungkinan bencana yang  bisa terjadi, serta dapat mengenali segala bentuk penyebab dan jenis bencana di lingkungannya, “ pungkas Bupati. (cucu)

 

Press Release By Diskominfo Ciamis

(Visited 131 times, 2 visits today)
Our Reader Score
[Total: 2 Average: 4.5]