Unigal dan Pemkab Ciamis Bersinergi Memandirikan Masyarakat Desa Berbasis Konservasi Lingkungan

posted in: Kabar Ciamis | 0
“Rektor Universita Galuh Ciamis, Yat Rospia, menyerahkan Cindera Mata kepada Bupati Ciamis, H. Herdiat Sunarya, pada Kegiatan Pelepasan KKN Mahasiswa” (foto: Humas)

Ciamis, (4/2),- Universitas Galuh dan Pemerintah Kabupaten Ciamis akan bersinergi memandirikan masyarakat desa berbasis konservasi lingkungan. Hal tersebut disampaikan Rektor Universitas Galuh Ciamis, H. Yat Rospia Brata dalam Pelepasan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) di Halaman Pendopo Kabupaten Ciamis, Selasa 4 Pebruari 2020.

Menurut yat Rospia, “ini merupakan salah satu bukti dari upaya Universitas Galuh mengimplementasikan Tri Dharma perguruan tinggi dalam bentuk kuliah kerja nyata. Jumlah mahasiswa yang mengikuti kegiatan kuliah kerja nyata pembelajaran pemberdayaan masyarakat (KKN – PPM) periode 1 tahun akademik 2019/2020 sebanyak 546 orang, “ujarnya.

H. Yat Rospia Brata juga berpesan melalui kegiatan KKN ini diharapkan mahasiswa dapat mengimplementasikan metode-metode pemberdayaan masyarakat melalui pendidikan yang di peroleh di bangku kuliah dalam kehidupan bermasyarakat yang sesungguhnya. “Hal ini berarti bahwa pada satu sisi mahasiswa belajar memberdayakan masyarakat dan pada sisi lain masyarakat tumbuh mandiri sebagai hasil pemberdayaan,” ujarnya.

Dalam laporannya, “pemberdayaan KKN PPM ini insyalloh akan dilaksakanan mulai tanggal 4 Februari sampai dengan 5 Maret 2020 yang tersebar di 4 Kecamatan dan 24 desa, yakni Kecamatan Sukadana, Jatinagara, Cipaku dan Cijeungjing, “ tambah Yat Rospia.

Dr. H. Yat Rospia Brata, M.SI berharap agar semua pihak terkait baik itu dari Pihak Pemerintahan, Masyarakat dan para peserta KKN itu sendiri supaya bisa berkerja sama dengan baik, tak luput amanat nya kepada para peserta KKN agar semuanya belajar dan bekerja dengan bersungguh sungguh, “Pungkasnya

Sementara itu, Bupati Ciamis, H. Herdiat Sunarya mengatakan bahwa KKN adalah salah satu bentuk implementasi dari apa yang didapat di bangku kuliah untuk diimplementasikan dalam kehidupan bermasyarakat dan berpemerintahan dimana para mahasiswa disebar di kecamatan tentu mempunyai daerah yang karakteristiknya berbeda. Maka dari itu pula Bupati Ciamis menghimbau agar mahasiswa bisa berbaur dengan masyarakat.

Bupati Ciamis juga mengucapkan terimakasih kepada rektor dan jajarannya yang telah memberikan kepercayaan kepada 4 kecamatan di Ciamis untuk kegiatan KKN yang akan membantu kinerja pemerintahan desa karena fungsi dari kegiatan KKN ini merupakan fungsi penguatan pemerintahan desa sesuai dengan vis misi kami, “ujarnya.

Dalam harapannya Bupati Ciamis herdiat berharap mahasiswa bisa membantu administrasi terkait pemerintahan desa, diharapkan ada perubahan dan dampak baik bagi desa.

Bupati ciamis juga berpesan kepada peserta KKN,” agar menjaga nama baik almamater agar tidak ada hal yang tidak diharapkan, jaga kondusifitas tim, jangan sampai ada perselisihan antara mahasiswa dengan masyarakat dan semoga berjalan dengan lancar, “pungkasnya (cucu)


Sumber : Diskominfo Ciamis
Foto : Humas

(Visited 87 times, 1 visits today)
Our Reader Score
[Total: 3 Average: 5]