Tingkatkan Pemanfaatan Potensi Daerah, Pemkab Ciamis gelar Lomba Inovasi Daerah

posted in: Kabar Ciamis | 0
Kepala Bappeda Kabupaten Ciamis, Andang Firman sedang memberikan penjelasan pada kegiatan Sosialisasi Lomba Inovasi Daerah di Aula Adipati Angganaya.

Ciamis,- Masih rendahnya Indeks Inovasi Daerah (IID) Kabupaten Ciamis yang dikeluarkan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Inovasi Daerah Balitbang Kemendagri Tahun 2019 yang hanya 50 yang artinya kurang Inovatif membuat Pemkab Ciamis melalui Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) melaksanakan lomba Inovasi Daerah.

Kepala Bappeda, Andang Firman mengatakan, tujuan lomba ini untuk memacu dan memotivasi ASN di Organisasi Perangkat Daerah, Aparatur Sipil Negara, Pelajar, Mahasiswa dan masyarakat umum, ujarnya.

“ini sebagai upaya meningkatkan inovasi dan kreatifitas serta meningkatkan kinerja penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, ” ujar Andang menambahkan.

menurut Andang, “urgensi lomba ini dalam rangka penguatan Sistem Inovasi Daerah (SIDa) dan sebagai bahan untuk pengisian Indeks Inovasi Daerah yang diselenggarakan oleh Kemendagri, ujarnya.

“Indeks Inovasi Daerah juga memberikan kontribusi dalam penghitungan TPP sebesar 3 persen, ujarnya.

Rangkaian kegiatan Lomba Inovasi Daerah ini akan dimulai tanggal 24 Februari 2020 dan peserta tidak dipungut biaya apapun alias gratis.

Adapun tema lomba inovasi tahun ini mengambil tema “Inovasi untuk Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia dalam rangka Pemanfaatan Potensi Wilayah di Kabupaten Ciamis”.

Sementara kategori inovasi yang dilombakan antara lain Tata Kelola Pemerintahan Daerah; Pelayanan Publik; dan Inovasi Daerah Lainnya.

sebagai catatan, persyaratan bagi peserta yang ingin mendaftar yaitu hanya boleh untuk warga masyarakat yang berdomisili di Tatar Galuh Ciamis, baik PNS, pelajar, mahasiswa atau masyarakat umum untuk dapat berpartisipasi pada kegiatan tersebut.

Dan bagi para pemenang, akan mendapatkan hadiah total puluhan juta rupiah.

Jenis perlombaan ini berbentuk dokumen (proposal) dan untuk proposal / dokumen Inovasi Daerah tersebut harus dikirim beserta Surat Pengantar dan kelengkapan lainnya serta ditujukan kepada Kepala Bappeda Kabupaten Ciamis. Soft file proposal dapat dikirim melalui email daperlitbangbappeda@gmail.com.

Adapun informasi selengkapnya dapat menghubungi Bidang Data Perencanaan dan Litbang Bappeda Kabupaten Ciamis jalan Stasion nomor 18 Ciamis, website ciamiskab.go.id atau dapat didengar melalui Radio Actari 96,6 FM Ciamis.

 

Press Release By Bappeda Ciamis

(Visited 213 times, 1 visits today)
Our Reader Score
[Total: 1 Average: 5]