Bangun Sinergitas dan Sinkronisasi Program 2021, Bappeda Ciamis gelar FLPD

posted in: Kabar Ciamis | 0
Kepala Bappeda Ciamis, Andang Firman, memberikan materi pada kegiatan Forum Lintas Perangkat Daerah (FLPD), di Aula Desa Tambakreja Lakbok Ciamis, 28/02”

CIAMIS,- Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Ciamis menggelar Forum Lintas Perangkat Daerah (FLPD) Jumat (28/02/2020) bertempat di Aula Bappeda Kabupaten Ciamis.

FLPD merupakan media diskusi untuk menyempurnakan rencana kerja tahun 2021 di setiap perangkat daerah dari hasil Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di tiap Kecamatan, sebagaimana disampaikan oleh Andang Firman, Kepalaku Bappeda Kabupaten Ciamis saat membuka acara FLPD.

Ia menjelaskan, FLPD merupakan wadah penampungan dan penjaringan aspirasi masyarakat dan pemangku kepentingan untuk penyempurnaan rancangan kebijakan penyusunan Rencana Kerja Perangkat Daerah, hal ini guna mendukung arah kebijakan tahun 2021.

“Kali ini merupakan rangkaian terakhir dari FLPD yang direncanakan sebelumnya di Aula Desa Sukamantri karena sesuatu hal bertempat di Aula Bappeda, dimana Kecamatan Sukamantri merupakan Pengembangan Kawasan Agropolitan bersama dengan Kecamatan Sindangkasih, Cikoneng, Panjalu, Cihaurbeuti, Panumbangan dan Lumbung, dengan produk unggulan Padi, Jagung, Cabai, Kopi, Ayam Sentul dan Ikan Nila, “ungkapnya.

Kegitan serupa juga digelar di Aula Desa Tambakreja Kecamatan Lakbok, pada Selasa (25/02/2020) dimana Kecamatan Lakbok merupakan Pengembangan Kawasan Lumbung Padi, bersama dengan Kecamatan Cisaga, Pamarican, Banjarsari, Purwadadi, Rancah dan Tambaksari dengan sasaran utama Rehabilitasi Saluran Irigasi, Pemanfaatan dan Pengelolaan Resi Gudang, dan Peningkatan Produksi Padi.

Selanjutnya Pengembangan Pariwisata, Seni Budaya, Pemuda dan Olahraga pada Rabu (26/02/2020) bertempat di Aula Kecamatan Kawali, dimana Kecamatan Kawali satu kelompok dengan Kecamatan Cijeungjing, Rajadesa, Ciamis, Baregbeg, Sindangkasih, Cikoneng, Panjalu, Cihaurbeuti, Panumbangan, Sukamantri, Lumbung, Cisaga, Pamarican, Banjarsari, Lakbok, Purwadadi, Rancah, Tambaksari, Banjaranyar, Cidolog, Sukadana, Cimaragas, Cipaku, Jatinagara, Panawangan, dan Sadananya.

Adapun sasaran utamanya yaitu Destinasi Wisata, Penataan Objek Wisata, Pengembangan Produk Wisata, Budaya dan Seni Budaya, Penataan Sarana dan Prasarana Olahraga, Pembinaan Olahraga, serta Even Olahraga.

Melalui FLPD ini diharapkan dapat meningkatkan pengembangan kawasan-kawasan pertumbuhan guna mewujudkan kawasan yang tumbuh dan berkembang, produktif dan berdaya saing yang didukung oleh penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam rangka meningkatkan produksi dan produktivitas, kualitas dan nilai tambah serta hasil produksi komoditas unggulan yang didukung dengan iklim investasi yang kondusif untuk meningkatkan investasi sektor riil yang memanfaatkan bahan baku lokal/potensi unggulan lainnya yang dapat mendorong tumbuh dan berkembangnya usaha-usaha ekonomi rakyat.

“Semoga dengan tersinerginya masukan serta dorongan dari berbagai pihak kedepan target capaian di tahun 2021 sudah memenuhi target, dan mendapatkan hasil perubahan yang signifikan, “pungkas Andang.

(hc-04)

(Visited 281 times, 1 visits today)
Our Reader Score
[Total: 2 Average: 5]