Bupati Ciamis Sosialisasikan AKB/New Normal kepada para Camat se-Kabupaten Ciamis

posted in: Kabar Ciamis | 0
Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya sedang melakukan Sosialisasi kepada para Camat se Kabupaten Ciamis terkait Persiapan Adaptasi Kebiasaan Baru / New Normal melalui media virtual, Rabu 3 Juni 2020.

Rabu, (03/06)- Memasuki persiapan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) / New Normal, Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya melaksanakan Sosialisasi kepada para Camat se-Kabupaten Ciamis melalui media virtual di ruang Vidcon Setda, Rabu 3 Juni 2020.

Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya mengatakan tujuan dari acara ini yaitu agar seluruh ASN, Camat, dan kepala Desa se-Kabupaten Ciamis bisa saling bergotong royong mensosialisasikan persiapan menghadapi AKB/New Normal kepada seluruh masyarakat sebelum PSBB di Kabupaten Ciamis selesai pada 12 Juni 2020, ungkapnya.

“AKB/New Normal ini akan di mulai setelah PSBB parsial di Ciamis selesai, ” tegasnya

Di Provinsi Jawa Barat New Normal lebih diartikan menjadi Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), dan saat ini Provinsi Jawa Barat sudah mendeklarasikan bahwa kita sedang dalam persiapan menghadapi AKB/New Normal, tambahnya

AKB/New Normal ini di artikan menjadi 3 (tiga) hal, di antaranya yaitu kita memasuki peraturan baru kita memasuki Gaya hidup baru, dan kita memasuki kegiatan atau kebiasaan baru.

Harapannya, dengan persiapan menghadapi AKB/New Normal ini kita semua baik pemerintahan maupun masyarakat dapat adaptasi sehingga aktivitas kehidupan dan perekonomian seluruh masyarakat dapat berjalan normal kembali meskipun dengan segala keterbatasan.

Maka tentu dalam persiapan ini kita perlu mensosialisasikan kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Ciamis, terutama bagi wilayah yang masih laksanakan PSBB secara parsial, tambah Herdiat Sunarya.

Ditambahkan Herdiat Sunarya, di antara yang masih laksanakan PSBB di Kabupaten Ciamis yaitu ada di ke-6 (Enam) Kecamatan dan 2 (Dua) Desa. diantaranya yaitu Kecamatan Ciamis, Kawali, Panawangan, Panumbangan, Banjarsari dan Pamarican, tambahnya.

“Namun bukan berarti bagi Kecamatan lain yg tidak termasuk kedalam PSBB secara parsial dapat melakukan aktifitas secara bebas kembali,” tegasnya.

Secara umum Kabupaten Ciamis memang sudah dinyatakan clear dari Covid-19, tercatat ada penurunan trend Covid-19 dengan melihat dari jumlah 6 Orang yang positif, 5 Orang telah sembuh dan 1 Orang masih ODP, selain itu yang bersangkutan juga domisilinya di luar Kabupaten Ciamis, sehingga yang bersangkutan juga tidak ada di wilayah Kabupaten Ciamis dan sedang lakukan isolasi mandiri di rumahnya” terangnya.

“Akan tetapi karena banyaknya pemudik yg datang, kita jadi harus tetap waspada agar tidak ada yg terpapar dan tertular lagi, kita harus tetap mengutamakan memakai protokol kesehatan, sebisa mungkin hindari kerumunan masa, sampai Indonesia maupun tingkat Provinsi dan Kabupaten Ciamis ini betul-betul normal,” tambahnya.

Sehubungan hal ini, tentu ini berkaitan juga dengan pendidikan, baik mulai dari tingkat PAUD sampai SMA, sehingga kegiatan pembelajaran masih dilakukan di rumah sampai dengan 20 Juni 2020. ungkap Bupati Herdiat.

Mulai tanggal 22 Juni secara menyeluruh di laksanakan libur sekolah, dan di akhir Juli seluruh pelajar mulai masuk lagi dengan pedoman dari keputusan Menteri Pendidikan Republik Indonesia.

“Berkaitan dengan Pendidikan ini, Pemerintahan Daerah Kabupaten Ciamis tidak akan mendahului keputusan atau aturan-aturan dari pusat,” tegas Bupati Herdiat.

Sedangkan untuk pondok-pondok pesantren, kita akan adakan kordinasi terlebih dahulu, perkiraan besok dengan Forum Pondok Pesantren Kabupaten Ciamis, Sehingga pada kesempatan ini kita belum bisa memberikan arahan/petunjuk mengenai kegiatan di pondok psantren, tuturnya

Sementara kaitan dengan PSBB di daerah perbatasan, posko-posko perbatasan, Bupati Ciamis berpesan agar tetap laksanakan pemeriksaan kepada para pendatang maupun yang keluar dari wilayah Kabupaten Ciamis, dan dilaksanakan di 15 pintu masuk dan keluar sampai 12 Juni 2020.

“Jadi diharapkan kepada SKPD terkait yang langsung menangani di perbatasan, antara lain Dishub, Satpol PP dan Dinas lainnya termasuk TNI dan Polri agar tetap siaga di daerah perbatasan”, pungkasnya.

 

Press Release By Diskominfo

(Visited 130 times, 1 visits today)
Our Reader Score
[Total: 0 Average: 0]