BNNK Ciamis Gelar Talkshow Layanan Rehabilitasi Penyalahguna Narkoba Di Era New Normal

posted in: BNN News, Kabar Ciamis | 0
Kasi Rehabilitasi BNNK Ciamis, Rachman Haerudin sedang Talkshow Layanan Rehabilitasi Penyalahguna Narkoba di Era New Normal di salah satu radio FM Ciamis.

Ciamis,- Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Ciamis gelar Talkshow dalam tajuk “Nyore Bareng BNNK Ciamis”, kerjasama dengan Radio Piss 102, 4 FM Ciamis, pada pukul 14.00 WIB, Kamis (4/6/2020).

Narasumber Talkshow kali ini yaitu Kepala seksi Rehabilitasi BNNK Ciamis, Rachman Haerudin,S.Sos., dengan dipandu oleh penyiar radio, Teh Hime
Tema yang diangkat dalam Talkshow yaitu “Pentingnya Layanan Rehabilitasi Penyalahguna Narkoba Di Era New Normal”.

Rachman mengatakan, di masa Pandemi Covid-19 ini layanan rehabilitasi bagi penyalahguna narkoba tidak boleh berhenti, bahkan harus lebih semangat lagi karena terbukti kasus narkoba akhir – akhir ini meningkat.

BNNK Ciamis tetap melayani penyalahguna narkoba yang ingin di rehabilitasi, bisa segera datang ke klinik Pratama BNNK Ciamis, tambahnya
Rachman menjelaskan bahwa rehabilitasi adalah proses pemulihan bagi penyalahguna/pecandu narkoba baik jangka pendek maupun jangka panjang yang bertujuan untuk mengembalikan kepribadian dirinya sendiri juga fungsi sosialnya dimasyarakat.

Dalam talkshownya Rachman menjelaskan tentang jenis-jenis rehabilitasi dan layanan apa saja yang diberikan bagi penyalahguna selama menjalani masa rehabilitasi.

Bagi masyarakat yang telah terlanjur menjadi pecandu atau korban penyalahguna narkoba tidak perlu takut datang ke BNN untuk menjalani rehabilitasi, karena tidak terkena proses hukum dan apabila direhabilitasi oleh BNN tidak dipungut biaya, terang Rachman.

Namun masih ada stigma di masyarakat kalau direhabilitasi itu dilakukan kekerasan, adalah tidak benar. Mereka yang direhabilitasi memang benar-benar untuk dipulihkan sehingga siap untuk kembali ke masyarakat, tambahnnya.

Rehabilitasi yang dilakukan oleh BNN yang salah satunya di Balai Besar Rehabilitasi Lido Bogor adalah “one stop service”, yakni rehabilitasi sosial dan medis di satu tempat. Lamanya rehabilitasi tergantung tingkat penyalahgunaannya. Bisa 3 bulan, 6 bulan bahkan 1 tahun, lanjut Rachman.

Rachman juga menyampaikan bahwa BNNK Ciamis tetap melayani pembuatan Surat Keterangan Hasil Pemeriksaan Narkoba (SKHPN) di masa Pandemi Covid-19 khususnya menyongsong era “New Normal”
Sebelum mengakhiri Talkwshow.

Rachman menyampaikan apresiasi atas peran aktif dari pendengar (rekan muda Piss FM) yang bertanya serta berdiskusi menjadikan acara talkshow ini semakin menarik.

Dibutuhkan kerjasama dari seluruh komponen masyarakat, agar penyalahgunaan narkoba tidak terjadi. Sehingga jelas peran serta masyarakat disini sangat dibutuhkan untuk menanggulangi masalah narkoba, pungkas Rachman.

 

Press Release By BNNK Ciamis

(Visited 71 times, 1 visits today)
Our Reader Score
[Total: 2 Average: 5]