Deteksi Dini Covid-19, BNNK Ciamis Rapid Tes Pegawainya

posted in: BNN News, Kabar Ciamis | 0
Tim medis dari Gugus Tugas Covid 19, sedang melakukan pemeriksaan kepada Salah seorang pegawai BNNK Ciamis dalam rangka antisipasi dini penularan Covid-19

Ciamis, (9/6),- Dalam rangka mengantisipasi penyebarluasan virus Covid-19, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Ciamis melaksanakan Rapid Test bagi pegawainya sejumlah 31 orang, Selasa (9/6/2020).

Kegiatan Rapid Test Covid-19 dilingkungan BNNK Ciamis dilaksanakan di Klinik Pratama BNNK Ciamis, dengan Ketua Tim Pelaksana dr. Joti Dariwanawati Soewono sekaligus selaku penanggung jawab Klinik Pratama BNNK Ciamis bersama tim medis dari gugus tugas Covid-19 BNNK Ciamis.

Dengan penerapan physical distancing dan protokol kesehatan, sebelum dilakukan Rapid tes para pegawai BNNK Ciamis wajib menggunakan masker dan mencuci tangan dahulu sebelum masuk Klinik, kemudian melakukan pendataan identitas dengan mengisi formulir di meja pendaftaran.

Selanjutnya tim medis akan mewawancara aktivitas yang dilakukan para pegawai di beberapa waktu sebelumnya termasuk riwayat keluhan sakit yang diderita seperti demam, pilek, batuk dan sesak nafas.

Kepala BNNK Ciamis , Engkos Kosidin, S.Sos., M.Si., didampingi oleh Kasubbag Umum, mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan Rapid Test saat ini merupakan langkah awal sebagai deteksi dini bagi pegawai BNNK Ciamis dari penyebaran Covid-19, juga pelaksanaan Rapid Test Covid-19 ini juga untuk mengantisipasi kalau ada pegawai yang reaktif bisa ditangani lebih cepat serta langkah apa saja yang perlu dilakukan untuk menindaklanjutinya.

“Mudah-mudahan hasil dari Rapid Test Covid-19 ini hasilnya negatif semua” , harap Engkos.

Sementara menurut Kasubbag Umum BNNK Ciamis, Aris Nuryana S.Sos., menambahkan bahwa selain Rapid Test, BNNK Ciamis telah melakukan beberapa upaya dalam rangka mengantisipasi penyebaran covid-19, antara lain pembentukan Satgas Covid-19 BNNK Ciamis, penerapan work from home, penerapan social dan physical distancing, melakukan penyemprotan desinfektan di lingkungan kantor, peningkatan pengamanan personil dengan melakukan pendataan pegawai yang sakit melalui “self assessment dan active assessment”, pembuatan aturan dan protokol tentang tata cara bekerja di tengah wabah covid-19 serta melakukan pengawasan melekat terhadap pegawai BNNK Ciamis agar tidak melakukan pelanggaran terhadap himbauan pemerintah untuk tidak keluar wilayah dan mudik lebaran pada waktu yang lalu.

“Kami berharap seluruh pegawai BNNK Ciamis melakukan Rapid test sebagai salah satu langkah deteksi dini dalam pencegahan penyebaran Covid-19, harap Aris.

Engkos kembali menjelaskan, untuk mengurangi resiko terinfeksi atau penyebaran Covid-19, beberapa langkah pencegahan di lingkungan kerja yang telah diterapkan di BNNK Ciamis yaitu selalu memakai masker, pengecekan suhu tubuh saat memasuki kantor, cuci tangan dengan sabun dan air bersih yang mengalir, menggunakan hand sanitizer, menjaga jarak minimal 1 meter, mengurangi kegiatan tatap muka, menutup mulut dan hidung jika batuk atau bersin, melakukan karantina mandiri di rumah jika ada pegawai BNNK Ciamis yang merasa kurang sehat dan senantiasa tetap aktif berolahraga.

BNNK Ciamis juga memberikan makanan pendukung daya tahan tubuh dan vitamin kepada pegawai yang bekerja di kantor agar selalu terjaga stamina dan kesehatannya, tambah Engkos.

“Saya juga mengajak kepada seluruh masyarakat untuk disiplin melaksanakan protokol kesehatan Covid-19, pungkas Engkos.

 

Press Release By BNNK Ciamis

(Visited 67 times, 1 visits today)
Our Reader Score
[Total: 0 Average: 0]