Peringati Hari Jadi ke-378 Kabupaten Ciamis, RSOP Ciamis Gelar Aksi Donor Darah

posted in: Kabar Ciamis | 0
Para karyawan dan masyarakat sekitar RSOP Ciamis sedang mengikuti kegiatan Donor Darah dalam rangka memperingati Hari Jadi Ke 378 Kabupaten Ciamis

Cijeungjing,- Dalam rangka memperingati Hari Jadi Ke-378 Kabupaten Ciamis, RSOP Ciamis menyelenggarakan kegiatan Donor Darah yang diselenggarakan di RSOP Ciamis, Sabtu, 13 Juni 2020.

Ketua Pelaksana Kegiatan Donor Darah, Harri Kurnia, saat ditemui di sela-sela kegiatan, mengatakan kegiatan ini diselenggarakan oleh RSOP Ciamis bekerjasama dengan PMI Kabupaten Ciamis dan Pemerintah Kabupaten Ciamis tentunya.

“Giat donor darah ini merupakan program rutin tahunan yang diadakan oleh RSOP Ciamis,” ujar Harri.

Ditambahkan Harri, RSOP ini belum berusia satu tahun berdiri dan beroperasional, namun demikian pihak RSOP sebelumnya sudah 3 kali menggelar aksi donor darah ini, tambahnya.

Hal ini sebagai wujud kepedulian sosial dan kemanusiaan juga sebagai rasa tanggung jawab sebagai pihak rumah sakit dalam ikut serta membantu PMI Ciamis dalam memenuhi kebutuhan stok darah di Kabupaten Ciamis, ujar Harri.

“Melalui kegiatan ini diharapkan bisa memberikan manfaat serta membantu pihak-pihak yang benar-benar membutuhkan,” ujarnya.

Dalam acara yang diselenggarakan oleh pihak RSOP, terlihat para pendaftar pendonor yang antusias ini setidaknya sudah cukup banyak. Para peserta terdiri dari masyarakat dan karyawan di lingkungan RSOP.

Kegiatan donor darah ini hanya dilakukan satu hari ini saja dan akan berakhir pada jam 3 sore, terang “Harri Kurnia”.

Adapun jumlah labu yang terkumpul dari pada pendonor sebanyak 44 labu terdiri dari Golongan darah (A) sebanyak 8 buah, Golongan darah (B) sebanyak 12, Golongan darah (O) sebanyak 21, dan Golongan Darah (AB) sebanyak 3 buah.

Selanjutnya darah pendonor tersebut akan di lakukan pemeriksaan labolatorium dan didistribusikan oleh Pihak ke-II kepada pasien yang membutuhkan darah untuk transfusi.

“Semoga dari donor darah ini bisa membantu pihak-pihak yang membutuhkan”, pungkas “dr. H. Andi Bastian”.

Pernyataan senada disampaikan oleh “dr. Andi Bastian” selaku ketua PMI Cabang Ciamis, dalam aksi donor darah ini beliau memberikan apresiasi positif ” Saya mengucapkan terimakasih kepada pihak RSOP Ciamis dan merasa sangat terbantu dalam pemenuhan kekurangan stok darah, apalagi saat ini di tengah pandemi Covid-19. Tambahnya

“Semoga dari donor darah ini bisa membantu pihak-pihak yang membutuhkan”, pungkas “dr. H. Andi Bastian”.

 

Press Release By Diskominfo

(Visited 81 times, 1 visits today)
Our Reader Score
[Total: 0 Average: 0]