Persempit Ruang Gerak Sindikat Narkoba, BNNK Ciamis Bentuk Desa Bersinar (Bersih Narkoba)

posted in: BNN News, Kabar Ciamis | 0
Kepala BNNK Ciamis, Engkos Kosidin sedang memberikan sambutan pada kegiatan pembentukan Desa Bersih Narkoba (Bersinar) di Desa Golat Panumbangan

Panumbangan,- Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Ciamis menggelar Rapat Koordinasi terkait pembentukan Desa Bersih Narkoba (Bersinar) di Desa Golat Kecamatan Panumbangan, Selasa (23/6/2020).

Bertempat di Aula Desa Golat, sebanyak 15 orang peserta hadir merupakan perwakilan dari perangkat desa, para Kepala Dusun lingkup Desa Golat, BPD Desa, tokoh masyarakat, Polsek dan Koramil setempat.

Menurut Engkos Kosidin, S.Sos., M.Si., maksud dan tujuan dari kegiatan ini untuk mempersempit ruang gerak sindikat dan bandar narkotika yang akan masuk ke wilayah Desa Golat, sedangkan tujuannya untuk mensinergikan potensi dan kekuatan bersama dari semua lapisan menjadi satu untuk bertekad menumbuhkan daya tangkal dan imunitas masyarakat Desa Golat terhadap narkoba.

Desa Golat terpilih karena merupakan daerah segitiga emas, daerah strategis. Daerah strategis rentan dijadikan transit narkotika oleh para sindikat. Karena Desa Golat sangat strategis dilihat dari letak geografisnya serta mobilitas warga cukup tinggi, kata Engkos. Maka kami berharap desa ini masyarakatnya memiliki daya tangkal terhadap narkoba, terang Engkos.

Respon dari seluruh Muspika, Polsek, Koramil, Desa dan dari tokoh masyarakat semua mendukung bahwa Desa Golat kedepannya akan menjadi desa Bersih Narkoba, jelas Engkos.

Langkah kongkrit kedepannya kata Engkos, yaitu membentuk satgas desa bersih narkoba dimana nantinya satgas yang telah terbentuk akan diberikan pelatihan, edukasi, keterampilan terkait cara penanggulangan masalah narkoba. Sehingga manakala ada masalah narkoba didaerah desa ini, kita sudah memiliki jejaring yang kuat untuk menangani masalah narkoba hingga tuntas, pungkas Engkos.

Selanjutnya Camat Panumbangan, Drs. H. Yayat, M.Si., dengan pembentukan Desa Bersinar di Desa Golat ini sesuai dengan program dari BNN Kabupaten Ciamis dan BNN Provinsi Jawa Barat kami menyambut baik dan bersyukur dan juga berterima kasih, artinya memang sesuai apa yang kepala BNN Kabupaten Ciamis sampaikan bahwa wilayah kami ini yaitu Desa Golat dimana letaknya secara geografis sangat strategis dimana menjadi lintasan dari beberapa daerah.

“Atas nama pemerintah Kecamatan Panumbangan menyambut baik dari pilot project ini yang nantinya Desa Golat akan dijadikan Desa Bersinar (Bersih Narkoba), ucap Yayat.

Kami mendukung dalam rangka menangkal dan juga untuk mengantisipasi adanya penyebaran narkoba ke wilayah Golat khususnya, maka langkah pembentukan Desa Bersinar ini jadi sangat tepat sekali, pungkas Yayat.

Hal senada disampaikan oleh kepala Desa Golat, Dadang Rusliana, SE., mengapresiasi kegiatan ini , mudah-mudahan kedepannya Desa Golat tidak terjadi sesuatu terkait masalah narkoba dan selanjutnya akan menunggu arahan dan akan senantiasa berkoordinasi dengan BNN Kabupaten Ciamis untuk mewujudkan Desa Golat Bersih Narkoba.

 

Press Release By BNNK Ciamis

(Visited 68 times, 1 visits today)
Our Reader Score
[Total: 0 Average: 0]