Gelorakan Potensi dan Budaya Galuh, Kabupaten Ciamis Launching Website Galuh Virtual

posted in: Kabar Ciamis | 0
Asda 1, Drs. Ika Darmaiswara sedang memberikan sambutan pada Kegiatan Launching Website Galuh Virtual di Aula Dispora Ciamis, Senin, 06/07

Ciamis,- Pemerintah Kabupaten Ciamis melalui Dinas Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga Melaunching Website Galuh Virtual yang diresmikan oleh Asda 1, Drs. Ika Darmaiswara di Aula Dispora Kab. Ciamis. Senin (06/07/20).

Website Galuh Virtual dilaunching sebagai upaya Pemerintah Kabupaten Ciamis dalam memberikan wawasan tentang potensi dan budaya Galuh Ciamis.

“Budaya ini harus di kembangkan secara terus menerus, mekanismenya harus disesuaikan dengan zaman tanpa mengubah akar dari kebudayaannya”. Kata Asda 1 saat menyampaikan sambutannya.

Asda 1 menambahkan, budaya yang dikembangkan tanpa mekanisme yang mengikuti perkembangan zaman, akan monoton, maka dengan adanya Galuh virtual ini adalah sebuah inovasi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga, Erwan Darmawan, S. STP, M.Si menerangkan, Website Galuh Virtual merupakan media digital kebudayaan Kabupaten Ciamis, dimana website ini dilaunching sesuai visi dan misi Bupati Ciamis yaitu “Menggali Budaya Lokal sebagai Penunjang Pariwisata Daerah”.

“Manfaat dan Kemudahaan akses tentang kebudayaan Galuh dari website galuh virtual diantaranya, Sebagai pusat informasi kebudayaan, penunjang pariwisata, dan referensi pendidikan”. Kata Kadispora

Beliau juga menambahkan, adanya website ini diharapkan juga dapat membantu referensi bagi dunia pendidikan dari tingkat terbawah sampai perguruan tinggi.

“Adapun Fitur-Fitur yang tersaji yaitu situs budaya, upacara adat, galeri foto, galuh 360°, museum, sejarah, kesenian, kerajinan, buku atau tulisan tulisan, batik Ciamis, festival, lagu yang ada di Ciamis yang bertemakan Ciamis, dan kuliner khas ciamis”. ujarnya.

Selain itu, Kadispora berpendapat setiap isi konten yang di sajikan merupakan keistimewaan, dimulai dengan agenda-agenda kebudayaan di sepanjang tahun, mulai dari festival, upacara adat dan sesaji secara terpintas di tampilan awal website dengan sajian unsur-unsur kebudayaan yang ada di Kabupaten Ciamis.

Ditambah, keistimewaannya karena ini dibuat oleh generasi generasi muda, baik itu dari pembangunan website, pihaknya bekerja sama dengan SMK Kawali serta konten-konten pengisian menu, kerjasama dengan para pemuda yang sangat mencintai kebudayaan.

Pihaknya juga berharap agar semua unsur dapat berkerjasama untuk mengisi konten terkait situs kebudayaan Ciamis, dan meramaikan serta menyempurnakan website ini.

“Ada lebih dari 2000 situs di ciamis, namun pihaknya baru dapat menampilkan 1% di website ini dari seluruh situs yang ada”. katanya.

Namun untuk situs situs yang sangat krusial yang sangat penting, pihaknya tidak akan mengunggahnya di website dengan alasan tertentu.

Selain melalui media website, pihaknya juga mempertimbangkan kelemahan lain dalam menyampaikan informasi budaya ciamis dimana tidak semua unsur masyarakat bisa mengoprasikan media elektronik berbasis online baik gadget maupun komputer.

Maka dari itu, pihaknya mengajak kerjasamanya dengan teman-teman media sehingga dapat menginformasikan via media berita, baik itu cetak atau digital.

Secara teknis Dispora akan mempromosikan galuh virtual ini bekerja sama dengan perpustakan, travel, dan Dinas Pendidikan.

“Akan tetapi efektifitas tersebut kembali ke keaktifan rekan rekan media yang sama-sama ingin menyuarakan maupun meramaikan destinasi wisata dan budaya di Kabupaten Ciamis”. tandasnya.

Kadispora berencana akan adakan intervensi di perbatasan, dimana setiap turis yang melewati perbatasan Ciamis akan mendapatkan notifikasi SMS tentang Galuh Virtual, dengan rencana awal di weekend akan kirim broadcast sms, dengan harapan dari 50% dari yang mendapat sms akan membuka website tersebut, ataupun dapat membukanya langsung di website galuhvirtual.ciamiskab.go.id.

Sementara itu, Sofyan Ismail selaku anggota DPRD memberikan respon yang baik.

“Ini merupakan langkah terbaik, paling tidak memberikan informasi tentang kebudayaan Ciamis, jangan terlalu muluk-muluk, targetnya cukup untuk masyarakat Ciamis” ujarnya.

Ini luar biasa bagi saya warga Ciamis semoga website ini bermanfaat bagi kita dan untuk generasi selanjutnya, dengan adanya website ini semoga tidak kehilangan jejak Kebudayaan, pungkasnya.

 

Press Release By Diskominfo

(Visited 186 times, 1 visits today)
Our Reader Score
[Total: 3 Average: 5]