Pemkab Ciamis Berikan Apresiasi Pengelola Terbaik Program Bangga Kencana

posted in: Kabar Ciamis | 0
Kepala Dinas P2KBP3A Kabupaten Ciamis, H. Dondon Rudiana memberikan Ucapan Selamat Sekaligus Penyerahan Piagam Penghargaan kepada para Pengelola Terbaik Program Bangga Kencana Tingkat Kabupaten Ciamis.

Ciamis,- Bertepatan dengan momentum Hari Keluarga Nasional yang ke-27 dan Hari Anak Nasional yang dipadukan dengan Hari Jadi Kabupaten Ciamis ke- 378 tahun 2020, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Ciamis menggelar acara dengan tajuk ” Apresiasi Pengelola Terbaik Program Bangga Kencana Tingkat Kabupaten Ciamis Tahun 2020 ” yang bertempat di Aula Bappeda Kabupaten Ciamis, Kamis, 23 Juli 2020.

Acara tersebut mengambil tema ” Melalui Harganas dan Hari Anak Nasional Kita Wujudkan Sumber Daya Manusia Unggul Menuju Indonesia Maju “. dengan hastagnya #BerencanaituKeren dan #2AnakLebihSehat.

Drs. H. Dondon Rudiana M.Si, Kepala Dinas P2KBP3A mengatakan bahwa kegiatan ini bukan hanya sekedar seremonial belaka tetapi bagaimana pesan di Harganas dan dikaitkan dengan Hari Anak Nasional bisa menjadi jati diri kita yang diberi kepercayaan oleh pemerintah dan masyarakat untuk melaksanakan kegiatan.

“Kemenangan yang diperoleh oleh Forum Anak Daerah Kabupaten Ciamis di tingkat Provinsi ini menjadi penanda kreatifitas anak pada era digital ini semaki berkembang. Berbagai kegiatan yang positif diikuti dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yang ada. Sejalan dengan deklarasi anak nasional dengan mengusung slogan “Anak Terlindungi, Indonesia Maju,” kata Kadis P2KBP3A.

Dikatakan lebih lanjut, bahwa kreatifitas anak berawal dari keluarga, berawal dari sumber daya manusianya. Apabila keluarga kokoh maka kreatifitasnya juga akan berkembang, ucapnya.

“Mari kita maknai Hari Keluarga Nasional dan Hari Anak Nasional ini sebagai introspeksi diri kita untuk lebih meningkatkan pelayananan kepada masyarakat. Apalah artinya juara bila program ini tidak dapat dirasakan manfaatnya, itu adalah kuncinya, tegas Kadis P2KBP3A.

Dengan adanya momen Hari Keluarga Nasional dan Hari Anak Nasional ini mudah-mudahan keluarga di Kabupaten Ciamis bisa memberikan kontribusi kepada pemerintah, karena bagaimana masyarakat itu menjadi kuat kalau tidak ada keinginan.

“Oleh karena itu saya berharap, termasuk ke anak-anak dalam rangka Hari Anak Nasional jadilah generasi tangguh, generasi muda yang kreatif dan inovatif dan menjadi generasi muda yang unggul. Khusus untuk Hari keluarga saya haturkan mudah-mudahan tatar galuh makin tangguh, keluarga ciamis tambah harmonis.” Tandasnya

Kabid Dalduk, Ir. Jafar Sidik M.Si menjelaskan Program Bangga Kencana atau Program Pembangunan Keluarga Kependudukan Keluarga Berencana.

“Program ini merupakan salah satu program pemerintah yang diharapkan dapat dilaksanakan dan dirasakan manfaatnya oleh seluruh lapisan masyarakat, yang keberhasilannya sangat ditentukan oleh para pengelola program tingkat desa yang menjadi ujung tombak pelaksanaan program Bangga Kencana”, ungkapnya.

Setiap tahunnya Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kab Ciamis secara rutin mengadakan lomba bagi para pengolah program Bangga Kencana dan program pemberdayaan wanita serta perlindungan anak di Kabupaten Ciamis.

Kabid Dalduk ir. Jafar Sidik M.Si berharap dengan adanya acara penghargaan ini bisa menjadi motivasi bagi para pengelola untuk kemajuan program Bangga Kencana, selain itu untuk mendapatkan orang-orang terbaik untuk mewakili Kabupaten Ciamis untuk mengikuti lomba di tingkat Provinsi Jawa Barat.

Kegiatan ini diikuti oleh 55 orang penerima penghargaan, 15 orang UPTD P5A se Kabupaten Ciamis, 15 orang pejabat struktural dinas P2KBP3A, dan 15 orang Forum Anak Daerah Kabupaten Ciamis. Dengan total peserta 100 orang.

Adapun rincian para pemenang lomba yang diadakan berjumlah 16, sesuai jenis lomba diantaranya yaitu ;

Kategori Lomba Tenaga Penggerak Desa (TPD) Juara 1 Eti Carkiti S.IP (TPD Kecamatan Ciamis) Sekaligus Juara 1 Lomba TPD Tingkat Provinsi Jawa Barat, Juara 2 Dian Kuswardiani, S.Pd (TPD Kecamatan Cipaku) dan Juara 3 Yuni Eka Afiatni, S.KM (TPD Kecamatan Baregbeg)

Kategori Lomba Penyuluh KB (PLKB) Juara 1 Abdul Hanan S.IP PKB Kecamatan Tambaksari ) Sekaligus Harapan 1 Lomba PKB Tingkat Provinsi Jawa Barat, Juara 2 Hj. Nina komaradewi S.IP (PKB Kecamatan Sukadana) dan Juara 3 Enung Rinduwati (PKB Kecamatan Baregbeg)

Kategori Lomba PPKBD (Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa/Pos KB Desa) Juara 1 Iis Nur Aisah (Ds Cisaga Kec. Cisaga) Juara 2 Upi Supinah (Ds. Gegempalan Kec Cikoneng) dan Juara 3 Siti Aminah, S.Pd (Ds. Imbanagaraya kec. Ciamis)

Kategori Lomba Akseptor Lestari 15 thn Juara 1 Pasangan Nunung Nur Hasanah dan Ija Kustija (Kecamatan Cikoneng) Juara 2 Lomba Akseftor Lestari 15 tahun tingkat Provinsi Jawa Barat -Juara 2 pasangan Lilih dan Edih (Kecamatan Banjarsari) dan Juara 3 pasangan Juju Jubaedah dan Jajang (Kecamatan Ciamis)

Kategori Lomba Akseptor Lestari 20 thn Juara 1 pasangan Eruk Rukayati dan Tatang (Kecamatan Rajadesa) sekaligus Juara Harapan 1 Lomba Akseptor Lestari 20 Tahun Tingkat Provinsi Jawa Barat Juara 2 Pasangan Fuji Maryani dan Ucu (Kecamatan Jatinagara) dan Juara 3 Pasangan Herlina Kosmiati dan Maman Suparman (Kecamatan Purwadadi

Kategori Lomba Kelompok BKB (Bina Keluarga Balita) Juara 1-BKB Dahlia (Kecamatan Cikoneng) Juara 2 BKB Kasih Ibu (Kecamatan Baregbeg) dan Juara 3 BKB Harapan (Kecamatan Panawangan)

Kategori Lomba Lomba Kelompok BKR (Bina Keluarga Remaja) Juara 1 BKR Kenanga (Kecamatan Rajadesa) Juara 2 BKR Harisma Jaya (Kecamatan Cisaga) dan Juara 3 BKR Mawar (Kecamatan Jatinagara)


Kategori Lomba Kader BKR (Bina Keluarga Remaja) Juara 1 Khodijah Widi Astuti (BKR Kenanga Kecamatan Rajadesa) Juara 2 Ebah Suhaebah (BKR Al-Fatah Kecamatan Cipaku) dan Juara 3 Faridah (BKR Mawar Kecamatan Jatinagara)

Kategori Lomba Kelompok BKL (Bina Keluarga Lansia) Juara 1 BKL Mawar Kuning (Kecamatan Rajadesa) Juara 2 BKI Mawar Ikecamatan Sindangkasih) dan Juara 3 BKL Banjarwaru II (Kecamatan Kawali)

Kategori Lomba Kelompok UPPKS Juara 1 UPPKS Mawar Sejahtera (Kecamatan Panawangan) Juara 2 UPPKS Sekar Dahlia (Kecamatan Rancah) dan Juara 3 UPPKS Kompas (Kecamatan Cikoneng)

Kategori Lomba PIK-R Jalur Masyarakat Juara 1 PIK-R Jaya Kusuma (Kecamatan Rajadesa) Juara 2 PIK-R Porshari (Kecamatan Panjalu) dan Juara 3 PIK-R Gemas (Kecamatan Sukadana)

Kategori Lomba PIK-R Jalur Pendidikan Juara 1 PIK-R Mujtahid (Ma Argayasa Kecamatan Cipaku) Juara 2 PIK-R Matsanesik (MTSN 9 Ciamis Kecamatan Sindangkasih) dan Juara 3 PIK-R Tunas Fangsa (SMAN 1 Banjarsari Kecamatan Banjarsari)

Kategori Lomba Keluarga Harmonis Juara 1 Enjang Pahruroji / Mumun (Kecamatan Rajadesa) Juara 2 Opon Kuswana Yeyet Nurhayati (Kecamatan Kawali) dan Juara 3 Lili Ahmad Mulyadi I Muharom (Kecamatan Panawangan )

Kategori Penyelenggara Lomba Terbaik tingkat Kecamatan Juara 1 Kecamatan Rajadesa Juara 2 Kecamatan Panawangan dan Juara 3 Kecamatan Sindangkasih

Kategori Juara umum lomba Ketahanan Keluarga dan Keluarga Harmonis di raih oleh Kecamatan Rajadesa

Kategori Lomba Kesatuan Gerak PKK-KKBPK-kesehatan Juara 1 Desa Salakaria Kecamatan Sukadana Juara 2 Desa Cisontrol Kecamatan Rancah dan Juara 3 Desa Mekarsari Kecamatan Tambaksari

Ir. Jafar Sidik M.Si juga mengumumkan selain 16 lomba yang diadakan oleh Dinas P2KBP3A Kabupaten Ciamis, ada juga yang memenangkan kejuaraan di tingkat Provinsi Jawa Barat.

Pemenang tersebut berasal dari Forum Anak Daerah Kabupaten Ciamis. Mereka memenangkan perlombaan tingkat provinsi mewakili Kabupaten Ciamis, diantaranya :

1. Juara 1 Lomba Design Poster Covid 19 tingkat Propinsi Jawa Barat (atas nama Choerunisa dari Forum Anak Daerah Kabupaten Ciamis )
2. Juara Harapan 1 Duta Genre Putra Tingkat Provinsi Jawa Barat dan Juara Favorite Duta Genre Putra Tingkat Provinsi Jawa Barat (atas nama Mulyadi Ariansyah Kec. Banjarsari )
3. Juara Paper Terbaik Duta Genre Putri Tingkat Provinsi Jawa Barat (atas nama Amik Maltina dari Kec Baregbeg)
4. Kelompok BKR Madani (Kec. Cihaurbeuti) Juara Sosmed Terkreatif Tingkat Provinsi Jawa Barat 3 besar Juara Provinsi Jawa Barat
5. PIK Remaja Perisai Bangsa (Kec. Rajadesa) Juara Administrasi Terbaik Tingkat Provinsi Jawa Barat

Pada kegiatan tersebut juga dibacakan sepuluh Deklarasii Suara Anak Indonesia Kabupaten Ciamis oleh Forum Anak Daerah (FAD) dan Siswi SLBN 1 Ciamis. (Diskominfo-Cucu)

 

Press Release By Diskominfo

(Visited 170 times, 1 visits today)
Our Reader Score
[Total: 2 Average: 3.5]