Ketua TP PKK Kabupaten Ciamis Sosialisasikan Kesehatan Balita dan Anak Pra Sekolah pada Masa Pandemi Covid 19

posted in: Kabar Ciamis | 0
Ketua TP PKK Kabupaten Ciamis, Ny. Hj. Kania Herdiat, memberikan paparan pada kegiatan Sosialisasi Kesehatan Balita dan Anak Pra Sekolah pada masa Pandemi Covid-19, melalui media virtual.

Ciamis,- Pandemi Covid-19 hingga kini, menjadi hambatan dalam beroperasinya program kesehatan bagi ibu dan anak karena ruang yang dibatasi. Hal ini menambah kecemasan bagi sebagian ibu-ibu yang memiliki anak-anak terutama balita bahkan ibu hamil yang seharusnya melakukan pengukuran pertumbuhan dan perkembangan anak secara rutin.

Kamis, 6 Agustus 2020, dipimpin langsung oleh Ketua Penggerak PKK Kabupaten Ciamis, Hj. Kania Ernawati Herdiat didampingi Pengurus TP PKK Kabupaten dan kader PKK setiap Kecamatan di Gedung PKK Kabupaten Ciamis melaksanakan kegiatan Sosialisasi Program PKK dengan fokus Kesehatan Balita dan Anak Pra Sekolah pada Masa Pandemi Covid 19 melalui media virtual.

Dalam paparannya, Hj. Kania Ernawati Herdiat mengatakan bahwa Program Kerja PKK harus tetap berjalan dengan mematuhi aturan protokol kesehatan dengan menerapkan 3 M, yaitu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak mengingat telah dilonggarkannya aturan kegiatan di tempat umum.

Sementara Sekretaris TP PKK Kabupaten Ciamis, Ny. Teti Uga Yugaswara menambahkan panduan dan protokol pemberian vitamin A di Jawa Barat dan pertemuan penguatan profesi kesehatan kader dan guru PAUD dalam pelayanan balita dan anak pra sekolah di Kabupaten Ciamis.

Bulan Agustus merupakan bulan pemberian vitamin A pada balita dan anak. Biru untuk balita usia 6-11 bulan dan merah pada anak usia 12-59 bulan, baik di posyandu maupun door to door yang dilakukan oleh petugas kesehatan atau kader PKK.

Di penghujung acara, Ketua Penggerak PKK Kabupaten Ciamis menghimbau agar program PKK tetap berjalan meskipun terkendala pandemi Covid 19 yang pelaksanaannya bisa dilaksanakan melalui media virtual.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua TP PKK Kabupaten Ciamis juga mengumumkan para pemenang lomba yang diselenggarakan oleh TP PKK Kabupaten Ciamis, diantaranya Kategori Laporan Tahunan Tercepat, Juara Pertama Kecamatan Kawali, Juara Kedua Kecamatan Cikoneng, dan Juara Ketiga Kecamatan Lumbung.

Kategori Laporan Tahunan Terbaik, Juara Pertama Kecamatan Cisaga , Juara Kedua Kecamatan Panjalu, dan Juara Ketiga Kecamatan Cikoneng.

Lomba Penanaman Taman Jahe Merah atau BEJO yang mendapat bantuan langsung dari propinsi yang berlokasi di 7 tempat yaitu Juara 1 TP PPK Desa Sukaharja Kecamatan Rajadesa, Juara 2 TP PPK Desa Kertaharja Kecamatan Panumbangan dan Juara 3 TP PPK Desa Pawindan, Kecamatan Ciamis. Sementara Juara Harapan 1 TP PPK Desa Desa Cilengsir Kecamatan Rancah, Juara Harapan 2 TP PPK Kelurahan Cigembor Kecamatan Ciamis dan Juara Harapan 3 TP PPK Desa Panjalu Kecamatan Panjalu serta TP PPK Desa Sukamantri Kecamatan Sukamantri sebagai Juara Harapan 4.

Untuk pelaksanaan 10 Program Pokok PKK, terbaik berdasarkan Bina Wilayah pada tahun 2019, yaitu Juara 1 TP PKK Desa Cisontrol Kecamatan Rancah, Juara 2 TP PKK Desa Tanjung Mulya Kecamatan Panumbangan, Juara 3 TP PKK Desa Girilaya Kecamatan Panawangan, Juara 4 TP PKK Desa Mekarsari Kecamatan Tambaksari dan Juara 5 TP PKK Desa Tigaherang, Kecamatan Rajadesa.

“Kedepannya perlombaan tersebut akan kembali diadakan dan hasil penilaian akan disampaikan di akhir tahun,” ujar Ny. Hj. Kania Ernawati Herdiat.

Di akhir paparannya, Hj. Kania Ernawati Herdiat berharap dapat menemukan waktu terbaik untuk mengundang para juara untuk diberikan apresiasi secara langsung. (Diskominfo.eka)

(Visited 150 times, 1 visits today)
Our Reader Score
[Total: 3 Average: 3]