Milangkala Gong Perdamaian Dunia ke-11

posted in: Kabar Ciamis | 0
Wakil Bupati Ciamis, Yana D. Putra memukul Gong Perdamaian Dunia pada Acara Milangkala Gong Perdamaian Dunia ke-11 di Situs Karangkamulyan Ciamis.

Ciamis, – Milangkala Gong Perdamaian Dunia (World Peace Gong) ke-11 digelar di Situs Budaya Ciungwanara, Karangkamulyan, Cijeungjing Ciamis, Rabu (9/9/2020).

Acara ini dihadiri oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, unsur Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan pemerintah Kabupaten Ciamis, Forum Kerukunan Umat Beragama, Forum pembauran Kebangsaan, dan para budayawan Ciamis.

Meskipun di tengah covid-19, peringatan ini masih dapat diselenggrakan dengan khidmat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Ciamis merupakan satu-satunya Kabupaten di Jawa Barat yang memiliki Gong Perdamaian Dunia yang berdiri sejak 9 September 2009. 

Gong Perdamaian Dunia ditempatkan di Tatar Galuh Ciamis sebagai cikal bakal perdamaian dunia.

Ditempatkan di Karang Kamulyan dikarenakan tidak terlepas dari sejarah Galuh, karena situs ini merupakan petilasan Kerajaan Galuh (600M-1300M).

Gong ini merupakan ikon untuk memelihara perdamaian, kearifan lokal dan nilai-nilai leluhur.

Rangkaian acara diawali dengan kirab kebhinekaan, prosesi upaca Milangkala Gong Perdamaian, dilanjut dengan Pemukulan Gong oleh 7 tokoh, ngawasuh gong serta penyiraman gong.

Wakil Bupati Ciamis, Yana D. Putra, menuturkan dalam sambutannya, Gong Perdamaian Dunia ini merupakan simbol persaudaraan dan perdamaian bersama.

“Perbedaan itu ada untuk mempersatukan kita dalam mewujudkan perdamaian bersama. Maka dari itu, marilah kita bangun persatuan, karena kondusifitas perdamaian adalah syarat mutlak untuk membangun Ciamis menjadi lebih maju,” ucapnya. (diskominfo. eka)

(Visited 27 times, 1 visits today)
Our Reader Score
[Total: 1 Average: 5]