DPPKBP3A Ciamis bersama TP PKK Kabupaten Ciamis Bersinergis Sosialisasikan Ketahanan Keluarga

posted in: Kabar Ciamis | 0
Kepala DPPKBP3A Kabupaten Ciamis, H. Dondon Rudiana, M.Si menyampaikan materi tentang Ketahanan Keluarga di depan Pengurus dan Anggota Tim Penggerak PKK Kabupaten Ciamis.

Ciamis,- Dalam menghadapi masalah dan tantangan yang dihadapi dalam pembangunan keluarga, Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Ciamis bersama Tim Penggerak PKK Kabupaten Ciamis melaksanakan Sosialisasi Penyelenggaraan Pembangunan Ketahanan Keluarga bersama di Aula PKK Kabupaten Ciamis, Kamis (10/09/20).

Mengawali acara, Kepala DPPKBP3A Kabupaten Ciamis, H. Dondon Rudiana, M.Si dalam sambutannya mengatakan tujuan sosialisasi ketahanan keluarga ini yaitu meliputi peningkatkan pemahaman Peraturan Daerah Provinsi Jawa Barat Nomor 9 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pembangunan Ketahanan Keluarga.

Selain itu, untuk mewujudkan dan meningkatkan kemampuan, kepedulian, serta tanggung jawab Pemerintah Daerah, keluarga, masyarakat, dan dunia usaha dalam menciptakan, mengoptimalisasi keuletan dan ketangguhan keluarga melalui Sosialisasi Perda Provinsi Jawa Barat nomor 9 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pembangunan Ketahanan Keluarga, jelasnya.

” Berkeluarga adalah bagian daripada ibadah, dan anak adalah titipan yang harus kita jaga serta anak mempunyai 32 Hak Anak sesuai dengan UU No. 23 Tahun 2002,” imbuh Kepala DPPKBP3A.

Sebagian diantaranya yaitu anak berhak mendapatkan pelayanan pendidikan, kesehatan, informasi sesuai usianya, jaminan sosial, dan mempunyai kebebasan sesuai dengan hukum, urainya.

“Kita sebagai orang tua tidak boleh membanding-bandingkan satu anak dengan anak yang lain,” imbuhnya.

Lebih lanjut, menurut Kepala DPPKBP3A, dalam membentuk ketahanan keluarga, sebagai orang tua dituntut harus memiliki kesiapan yang paling mendasar di antaranya harus pandai bersyukur, bersabar, memiliki ilmu pengasuhan yang baik, jeli dalam memperhatikan kesehatan keluarga, serta rukun dan haromonis, urainya.

Hal senada dikatakan Ketua TP PKK Kabupaten Ciamis, Ny. Hj. Kania Herdiat, menurutnya salah satu faktor penting dalam menciptakan ketahanan keluarga yang kuat adalah orang tua yang hebat, jelasnya.

“Masalahnya adalah sebagian dari kita belum mengetahui bagaimana cara untuk menjadi orang tua yang hebat itu,” ujar Ketua TP PKK.

Padahal tumbuh kembang anak sangat tergantung pada kemampuan orang tua dalam memahami tanggung jawabnya, memahami hak-hak yang dimiliki seorang anak serta memahami dan melaksanakan pola asuh positif yang tepat untuk anak, tambahnya.

Dipenghujung acara, Kepala DPPKBP3A berharap semoga dengan sinergitas bersama TP. PKK Kabupaten Ciamis ini dapat semakin memperkuat ketahanan keluarga di Kabupaten Ciamis, tandasnya

(Visited 22 times, 1 visits today)
Our Reader Score
[Total: 1 Average: 5]