Bupati Ciamis Targetkan SAKIP Tahun 2020 Raih Predikat BB

posted in: Kabar Ciamis | 0
Bupati Ciamis, Dr. H. Herdiat Sunarya memberikan sambutan pada kegiatan Evaluasi terhadap reformasi birokrasi dan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) di Aula Bappeda Ciamis.

Ciamis,- Pelaksanaan Evaluasi terhadap Reformasi Birokrasi (RB) dan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan, (SAKIP) Tahun 2020 ditargetkan paling tidak sampai ke BB dengan Nilai 70-90.

Hal tersebut di sampaikan Bupati Ciamis, Dr. H. Herdiat Sunarya pada kegiatan Evaluasi terhadap reformasi birokrasi dan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) yang diikuti seluruh Organisasi Perangkat Daerah yang dilaksanakan secara langsung, sedangkan untuk kecamatan-kecamatan dilakukan dengan virtual meeting yang difasilitasi oleh Diskominfo Ciamis, dari Aula Adipati Angganaya Bappeda Kabupaten Ciamis, Senin (14/09/20).

SAKIP adalah rangkaian sistematik dari berbagai aktifitas, alat, dan prosedur yang dirancang untuk tujuan penetapan kinerja dan pengukuran pengumpulan data, pengklasifikasian, pengikhtisaran, dan pelaporan kinerja pada instansi pemerintah, dalam rangka pertanggungjawaban dan peningkatan kinerja instansi pemerintah.

Mengawali acara, Bupati Ciamis, Dr. H. Herdiat Sunarya, menjelaskan bahwa berdasarkan surat menteri PAN RB Nomor B/279/AA.05/2019 tanggal 30 Desember 2019 tentang Hasil Evaluasi Atas Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Kabupaten Ciamis tahun 2019, bahwa Pemerintah Kabupaten Ciamis memperoleh nilai 66,26 atau predikat “B”, katanya.

Penilaian tersebut menunjukkan tingkat efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran dibandingkan dengan capaian kinerjanya, kualitas pembangunan budaya kinerja birokrasi dan penyelenggaraan pemerintahan yang berorientasi hasil pada Pemerintah Kabupaten Ciamis menunjukkan hasil yang baik, jelasnya.

Ditambahkan Bupati Ciamis, SAKIP merupakan pengawasan dan pengendalian untuk mengawasi kinerja semua para ASN, tambahnya.

“Berharap SAKIP ini benar-benar strategis dan sesuai dengan RPJMD yang telah disesuaikan, serta mudah-mudahan Pemkab Ciamis lebih baik dan sinergis, dengan program dan beban kerja dimasing-masing OPD,” tegasnya.

Lebih lanjut, Bupati Ciamis menuturkan, di tengah-tengah pandemi COVID-19 ini, tentu sangat dibatasi dengan gerak langkah kita dan termasuk dalam evaluasi SAKIP.

“Kita harus selalu optimis dan mudah-mudahan tahun ke tahun ada perubahan dan perbaikan kinerja”. tandasnya.

(Visited 37 times, 1 visits today)
Our Reader Score
[Total: 3 Average: 3.7]