Puluhan Pengelola Wisata Kabupaten Ciamis Ikuti Bimtek Pengelolaan Homestay

posted in: Kabar Ciamis | 0
Para Pengelola Wisata Kabupaten Ciamis berfoto bersama usai mengikuti Bimtek Pengelolaan Homestay di Priangan Hotel Ciamis

Ciamis – Sebanyak 38 orang perwakilan pengelola homestay di Kabupaten Ciamis mengikuti bimbingan teknis terkait Manajemen Pengelolaan Homestay yang diadakan di The Priangan Hotel Ciamis, 22 September 2020.

Kegiatan dengan tema “Peningkatan Daya Tarik Wisata Melalui Pengelolaan Homestay di Kabupaten Ciamis” yang diadakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis ini diikuti oleh Dinas Pariwisata beserta jajarannya, Badan Promosi Pariwisata Ciamis serta para pakar yang dari PHRI Jawa Barat dan Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung.

Dasar penyelenggaraan Bimtek sendiri karena meningkatnya ketertarikan warga pada kearifan lokal, sehingga destinasi wisata di Ciamis terus bertambah tiap harinya, salah satunya homestay.

Homestay sendiri cukup populer saat ini, karena menawarkan suasana menginap yang berbeda dari penginapan pada umumnya. Di homestay, wisatawan akan ditawari untuk merasakan pengalaman hidup yang khas dari penduduk lokal.

Dalam acara bimbingan teknis yang dimulai pukul 08.30 WIB tersebut, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis, H. Wasdi, menyatakan bahwa Bimtek ini diarahkan untuk menggali dan mengembangkan potensi budaya lokal menjadi aset pariwisata daerah serta menyejahterakan masyarakat.

“Ini sesuai visi misi Kabupaten Ciamis nomor 3 untuk mendongkrak pendapatan daerah, pemerintah membuka peluang bagi daerah dengan berbagai kekayaan yang dimiliki di wilayah Kabupaten Ciamis dengan banyaknya destinasi wisata yang luar biasa, maka dari itu pemerintah mengadakan bimbingan teknis ini agar nantinya bisa merintis usaha di Desa masing-masing” Ujar H. Wasdi.

Hilwan Saleh, selaku narasumber dan perwakilan PHRI Jawa Barat, turut mendorong para peserta, calon pengelola homestay, untuk menunjukkan kearifan lokal yang ada pada masing-masing daerah kepada tamu dengan bangga.

“Gunakan kearifan lokal untuk menarik wisatawan, karena itu adalah yang mereka cari. Jangan sungkan menunjukkan budaya dan keseharian kita pada tamu, ujar Hilwan Saleh.

Kegiatan bimbingan teknis ini diharapkan dapat membantu para pengelola wisata untuk meningkatkan mutu dan kelayakan homestay agar mencapai standar teknis tertentu. Maju terus pariwisata Ciamis !, pungkasnya.

(Visited 40 times, 1 visits today)
Our Reader Score
[Total: 1 Average: 5]