PEMKAB CIAMIS SEGERA REALISASIKAN PROGRAM BANGGA KENCANA

posted in: Kabar Ciamis | 0
Kepala DP2KBP3A Ciamis, H. Dondon Rudiana, M.Si didampingi Ketua PKK Kabupaten Ciamis, Hj. Kania Ernawati Herdiat menyampaikan pelaksanaan program Bangga Kencana Kesehatan yang akan dimulai September hingga Desember 2020.

Ciamis – Rapat Koordinasi Teknis Pelaksanaan Kegiatan Kesatuan Gerak PKK Bangga Kencana Kesehatan Tahun 2020 dilaksanakan secara virtual, Jumat, 25 September 2020 dari Ruang Vidcon PKK Kabupaten Ciamis.

Dalam rapat yang dihadiri oleh Wakil Bupati Ciamis, Yana D. Putra, Ketua TP-PKK Kabupaten Ciamis, Ny. Hj. Kania Herdiat beserta jajarannya, Kepala Dinas DP2KBP3A, H. Dondon Rudiana, UPTD P5A se-Kabupaten Ciamis, dan TP-PKK masing-masing kecamatan ini, disebutkan bahwa Program Bangga Kencana akan direalisasikan mulai dari bulan September 2020 hingga Desember 2020.

Pelaksanaan Program Bangga Kencana di Kabupaten Ciamis sendiri akan mencakup beberapa kegiatan terkait BKKBN, Kesehatan, Sistem Informasi Manajemen PKK (SIM-PKK), Sistem Informasi Posyandu, Dasa Wisma dan Inovasi serta akan menyasar Tim Pelaksana Kesrak PKK-Bangga Kencana-Kesehatan dan Posyandu, Keluarga/RT, PUS, PLKB, NaKes, dan Kader.

Dalam melaksanakan program, H. Dondon Rudiana, menyarankan agar seluruh pelaksana bisa menyesuaikan kegiatan dengan situasi pandemi misalnya KIE melalui video atau media sosial, pembinaan melalui virtual/webinar, posyandu dan Imunisasi dilaksanakan secara keliling, penggunaan alat kontrasepsi pil dan kondom melalui kunjungan rumah, dan pelaksanaan protokol kesehatan di setiap kegiatan.

Di akhir kegiatan Program Bangga Kencana nanti, TP-PKK masing-masing kecamatan harus melaporkan hasil kegiatannya karena akan dievaluasi dan dilombakan.

“Setiap kegiatan ada evaluasi akhir, nanti dilombakan. Nanti masuk nominasi sesuai kegiatan kita, apakah masuk keseluruhan kegiatan pkk atau nominasi lain, namun yang paling penting bukan label juaranya, yang penting kegiatan kita bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” Jelas H. Dondon Rudiana.

Selain itu, Perwakilan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa juga menyampaikan targetnya terkait program Bangga Kencana.

“Targetnya 1 desa minimal punya 1 posyandu multifungsi, harapannya bisa memenuhi pelayanan kesehatan untuk masyarakat,” pungkasnya.

(Visited 74 times, 1 visits today)
Our Reader Score
[Total: 0 Average: 0]