Upacara Adat Ngikis dan Misalin Masuk Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Indonesia Tahun 2020.

posted in: Kabar Ciamis | 0
Penetapam Upacara Adat Ngikis dan Misalin sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Indonesia Tahun 2020 yang disampaikan secara Virtual dari Dirjen Kebudayaan Kemendikbud.

Ciamis – Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menetapkan 153 Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Indonesia pada 2020, dua diantaranya yaitu upacara adat Ngikis Karangkamulyan dan Upacara adat Misalin dari Kabupten Ciamis, Jumat, (09/10/2020.)

Sidang penetapan Warisan Budaya Tak Benda yang digelar secara virtual ini bertujuan untuk melakukan perlindungan sekaligus mencatat budaya tersebut.

“Pemberian apresiasi ini merupakan bentuk penghargaan pemerintah terhadap objek dan sumber daya manusia kebudayaan serta upaya untuk perlindungan warisan budaya tak benda melalui inventarisasi, pengamanan, penyelamatan, dan publikasi objek pemajuan kebudayaan,” ujar Fitra Arda, selaku Direktur Perlindungan Kebudayaan.

Erwan Darmawan, S.STP, M.Si, Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Ciamis mengapresiasi penetapan yaitu upacara adat Ngikis Karangkamulyan dan Upacara adat Misalin Warisan Budaya Tak Benda (WBTB).

“Mudah2 ini bisa memberi motivasi lebih bagi insan budaya di Kabupaten Ciamis,” ujarnya.

Sementara itu, Febiyani, Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat berharap penetapan WBTB ini bisa menjadi momentum peningkatan kecintaan dan pelestaraian dari warga Jabar terhadap warisan leluhur.

“Penetapan WBTB bukan langkah akhir dari proses panjang pemajuan kebudayaan tapi harus ditindaklanjuti dengan berbagai program pengembangan, pembinaan, dan pemanfaatannya,” tegas Febiyani.

Lebih lanjut, di tahun 2020, Jawa Barat melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan menargetkan pendaftaran WBTB Jawa Barat ke tingkat nasional, dua diantaranya yaitu upacara adat Ngikis Karangkamulyan dan Upacara adat Misalin dari Kabupten Ciamis. (Diskominfo.eka)

(Visited 32 times, 1 visits today)
Our Reader Score
[Total: 0 Average: 0]