BNNK Ciamis Gelar Pemberdayaan Alternatif Melalui “Life Skill ” Pengembangan Wirausaha

posted in: BNN News, Kabar Ciamis | 0
Para peserta Life Skills sedang membuat adonan Pembuatan Roti yang diselenggarakan oleh BNNK Ciamis di salah satu Pabrik Roti Kecamatan Cikoneng Ciamis.

Cikoneng,- Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Ciamis gelar kegiatan Pelatihan Life Skill berupa keterampilan membuat Roti selama 3 hari, 20 – 22 Oktober 2020. Pelatihan ini kerjasama antara BNNK Ciamis dengan Pabrik Roti Madani Cikoneng, juga dengan pihak Desa Kujang.

Kegiatan resmi dibuka oleh Kepala BNNK Ciamis, yang dihadiri oleh Camat Cikoneng, Kapolsek Cikoneng, Perwakilan dari Koramil Cikoneng, Perwakilan dari Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kabupaten Ciamis, Kepala Desa Kujang juga Kepala Desa Gegempalan. Bertempat di Aula Kantor Desa Kujang. Selasa (20/10/2020).

Camat Cikoneng, Drs. Wawan Ruhiyat, M.M., dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak BNNK Ciamis yang telah melaksanakan kegiatan pelatihan ini di wilayah kecamatan Cikoneng, karena tidak semua kecamatan dilaksanakan kegiatan seperti ini.

“Melalui pelatihan ini, peserta bisa menjadi kader-kader di masyarakat yang bisa mengajak masyarakat untuk mencegah narkoba, juga para peserta ini menjadi orang pertama untuk memerangi narkoba mulai dari keluarganya sendiri terlebih dahulu juga mampu membentengi keluarga agar tidak terdampak narkoba”, ucap Wawan.

Wawan berpesan, “manfaatkan kegiatan ini seluas-luasnya untuk menimba ilmu yang nantinya akan dibekali dengan pelatihan keterampilan membuat Roti”.

“Mengharapkan dengan adanya pelatihan life skill bisa mengembangkan di masing-masing tempat tinggalnya, tidak hanya selesai pada kegiatan disini saja, harus bisa mandiri, berkembang untuk meningkatkan perekonomian masyarakat”, pungkas Wawan.

Selanjutnya Kepala BNNK Ciamis, Engkos Kosidin, S.Sos., M.Si., dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini salah satu langkah dalam upaya memberikan daya tangkal terhadap penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba, juga memberikan wawasan kepada masyarakat tentang Pencegahan Pemberantasan penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

Pelatihan Life skill ini harapannya masyarakat bisa melanjutkan apa yang telah dilatih dan dapat menularkan ilmunya kepada masyarakat lainnya, sehingga mereka menjadi masyarakat yang kreatif, inovatif , produktif dan mandiri juga mampu mewujudkan lingkungan yang bersih narkoba (Bersinar), pungkas Engkos.

Sementara menurut Deny Setiawan, S.Sos., M.M., selaku Kasi P2M BNNK Ciamis, mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk membangun kemandirian masyarakat juga dalam upaya penanggulangan narkoba.

Adapun tujuannya untuk memberikan satu keterampilan life skill yang nantinya dapat dimanfaatkan secara mandiri guna meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat serta memperkuat kepedulian masyarakat terhadap upaya penanggulangan narkoba, terang Deny.

Penyerahan secara simbolis peralatan dan bahan untuk membuat Roti oleh Kepala BNNK Ciamis kepada peserta, diantaranya; Kompor gas, Oven, timbangan, serta bahan baku untuk membuat Roti, tutup Deny.

Adapun pelatihan kegiatan ini membuat Roti Sobek Kombinasi dengan rasa coklat, strawberry dan sarikaya serta Roti Goreng Panir dengan instruktur dari Pabrik Roti Madani Cikoneng.

Para peserta yang berjumlah 15 orang perwakilan dari Desa Kujang, Desa Gegempalan, Desa Sukaharja, Desa Cimari penuh semangat dalam mengikuti setiap instruksi dari para instruktur.

Mereka berterimakasih telah diberikan ketrampilan guna menambah wawasan dan pengetahuan juga untuk meningkatkan perekonomiannya, dimana para peserta dilatih untuk berkreasi dan berkarya.

(Visited 76 times, 1 visits today)
Our Reader Score
[Total: 0 Average: 0]