DP2KBP3A Kab. Ciamis Perkuat Kelembagaan Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak (KLA)

posted in: Kabar Ciamis | 0
Para peserta kegiatan Penguatan Kelembagaan Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak Kabupaten Ciamis sedang mendengarkan paparan dari salah satu Narasumber

Ciamis,- Dalam rangka mewujudkan Kabupaten Ciamis menuju Kabupaten Layak Anak (KLA ) Tahun 2021, Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Ciamis, mengadakan kegiatan Penguatan Kelembagaan Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak (KLA) Tingkat Kabupaten Ciamis Tahun 2020 dengan melibatkan lintas sektoral di Aula DP2KBP3A Ciamis, Selasa, (27/10/20).

Drs. H. Dondon Rudiana M.Si selaku Kepala DP2KBP3A memaparkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengevaluasi tupoksi Kabupaten Layak Anak di Kabupaten Ciamis.

“Walaupun perlombaan Kabupaten Layak Anak tidak dilaksanakan tahun ini, namun kita tetap evaluasi tupoksi dan update data untuk persiapan tahun 2021. Mudah-mudahan kita bisa terus update data yang bisa dipertanggungjawabkan,” ujarnya.

Sementara itu, Kabid P3A, Dra. H. Ikeu M, M.Si menyatakan, bahwa kegiatan ini juga dilakukan sebagai bentuk koordinasi antar lembaga.

“Kegiatan Kabupaten Layak Anak ini lintas sektor sehingga harus terkoordinasi. Selain itu kita juga akan diskusikan bahan rencana aksi daerah untuk terwujudnya Kabupaten Layak Anak,” ujarnya.

Kegiatan penguatan jejaring kelembagaan ini membahas berbagai unsur kabupaten layak anak, mulai dari definisi, kondisi sarana kelayakan di Kabupaten Ciamis sampai kepada rencana kerja per klaster.

Pada kesempatan ini, Dra. H. Ikeu M, M.Si berharap adanya peningkatan perfoma dan prestasi Kabupaten Layak Anak di Kabupaten Ciamis.

“Walaupun tahun 2018 kita masuk nominasi pratama, saya berharap tahun depan naik peringkat dari pratama ke madya, saya mohon, bapak/ibu bisa menunaikan aksi sesuai klaster” harap Dra. H. Ikeu M, M.Si.

Kabupaten layak anak sendiri merupakan Kabupaten/Kota yang mempunyai sistem pembangunan berbasis hak anak melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha, yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan, program dan kegiatan untuk menjamin terpenuhinya hak dan perlindungan anak.

Di Kabupaten Ciamis sudah tersedia infrastruktur ramah anak seperti pojok baca anak, jaksa anak, dan fasilitas lainnya. (diskominfo.eka)

(Visited 82 times, 1 visits today)
Our Reader Score
[Total: 0 Average: 0]