Pemkab Ciamis Kaji Rencana Pembangunan Terminal Tipe C Kawali

posted in: Kabar Ciamis | 0
Asisten Pemerintahan Setda Pemkab Ciamis, Ika Darmaiswara, didampingi Plt. Kadishub, Bambang Hermansyah, memimpin Kajian Pembangunan Terminal Tipe C Kawali dari offroom setda.

Ciamis,- Pemerintah Kabupaten Ciamis melalui Dinas Perhubungan mengkaji Rencana Pembangunan Terminal Tipe C di Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis.

Tahapan pengkajian tersebut dibahas dalam rapat koordinasi bersama Asisten Pemerintahan Setda Kabupaten Ciamis, Ika Darmaiswara dengan OPD terkait di ruang Oproom Setda Kabupaten Ciamis, Rabu, 4/11/2020.

PLT Kadishub, Bambang Hermansyah, S.Sos., M,Si dalam laporannya memaparkan bahwa rencana pembangunan terminal tipe C di Kecamatan Kawali tepatnya di sebrang Pasar Kawali ini luasnya berkisar 6.855 meter persegi (480) bata dengan penampang depan 37,5 Meter.

Selain itu, ia juga menyampaikan rencana pembangunan terminal di Kecamatan Kawali termasuk penting dan sangat diperlukan. Hal ini bertujuan untuk mengurai kemacetan atau terminal bayangan yang sering kali terjadi akibat angkutan umum berhenti sembarangan di bahu jalan sekitar pasar tersebut, jelasnya.

Pemilihan lokasi tersebut juga di pandang strategis karena merupakan pusat mobilitas kehidupan masyarakat setempat dan banyaknya angkutan umum yang sering mangkal di depan lahan yang sedang direncanakan tersebut, tambahnya.

Menurutnya, sektor transportasi merupakan sektor yang mempunyai peranan penting dalam upaya pengembangan suatu wilayah, oleh karena itu, sasaran pembangunan terminal Tipe C ini lebih mengutamakan pelayanan publik. “Salah satunya angkutan umum pedesaan,” ungkapnya.

Pada kegiatan yang dikemas dalam bentuk diskusi tersebut, Ika Darmaiswara menyarankan agar pihak Dishub perlu melakukan koordinasi dan pengkajian dengan pemangku kepentingan terkait. Karena pembangunan terminal harus dibarengi dengan peningkatan kualitas sistem transportasi.

“Apalagi mengingat dengan luas penampang depan yang hanya 37,5 meter. Bagaimana nanti untuk bis bis besar masuk maupun parkir, itu juga harus perlu dipikirkan dan di buat rekayasa lalu lintas.” Imbuhnya

“Selain itu perlunya kajian lebih lanjut juga agar pembangunan terminal tambahan tersebut nantinya betul-betul bisa layak dan memenuhi standar.” ujarnya

Dipenghujung acara Ika mengingatkan bahwa pengkajian pembangunan terminal ini harus berimajiner dan visioner.

“Jangan sampai pembangunan menjadi sia-sia tidak termanfaatkan yang akhirnya akan timbul kembali masalah-masalah klasik yang di sisi lain juga memakan biaya, tandasnya. (diskominfo.cucu)

 

Press Release By Diskominfo

(Visited 98 times, 1 visits today)
Our Reader Score
[Total: 92 Average: 1.1]