Pemuda Desa Cieurih Sukses Kembangkan Usaha Konveksi

posted in: Kabar Ciamis | 0
Kades Cieurih, Nanang Kusdiana, (kaos hitam) menjnjau langsung proses pembuatan kaos di BUMDes Cieurih yang dikelola oleh para pemuda setempat

Ciamis, – , Para pemuda Desa Cieurih Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis yang tergabung dalam BUMDes Cieurih berhasil mengembangkan unit usaha konveksi, yang diberi nama “Bale”.

BUMDes Cieurih ini memproduksi berbagai produk konveksi diantaranya kaos, switer, masker, sablon, kaos olahraga dan lain-lain.

Supri (35) Ketua BUMDes Cieurih mengatakan, untuk mengembangkan jaringan usaha, pihaknya telah bekerjasama dengan lembaga, organisasi, komunitas atau perusahaan didalam maupun luar pemerintah desa, ujarnya.

Ditambahkan Supri, meskipun usaha tersebut terbilang masih baru dirintis, namun omzet penjualan hingga Puluhan juta rupiah, tambahnya.

Saat ini usaha konveksi Desa Cieurih sedang mempersiapkan untuk bekerjasama dengan beberapa mitra diantaranya dengan UMKM Provinsi Jawa Barat, urainya.

“ini merupakan upaya BUMDes untuk terus mengembangkan usaha dan melebarkan jaringan, terlebih Desa Cieurih memiliki keunggulan sumber daya, baik sumber daya alam maupun sumber daya manusia yang patut untuk dikembangkan,” imbuhnya.

Sementara Kepala Desa Cieurih, Nanang Kusdiana, SE mengapresiasi semangat pemuda Desa Cieurih dalam mengelola bisnis konveksi ini.

“Ini menjadi salah satu modal awal dalam mencapai kesuksesan usaha, diharapkan dapat memotivasi pemuda lain dalam berwirausaha, sehingga meningkat pula perekonomian masyarakat,” ujar Kades Nanang.

Ditambahkan Nanang, pemuda merupakan elemen penting dalam pembangunan desa, karena sebuah desa akan maju apabila generasi mudanya diberikan kebebasan khususnya dibidang pengembangan ekonomi kreatif, tambahnya.

“Tidak ada alasan lagi pemuda mencari pekerjaan ke kota-kota besar, justru saatnya mengoptimalkan dan mengembangkan potensi kewirausahaannya,” tegasnya.

Hal tersebut dilakukan salah cara untuk membantu pemerintah desa mengembangkan potensi lokal agar kesejahteraan masyarakat dapat tercapai dan mampu bersaing dengan daerah lain, imbuhnya.

Dengan adanya kegiatan usaha Konveksi ini, sangat berpengaruh signifikan pada peningkatan pendapatan Asli Desa (PADes) Desa Cieurih, ujarnya.

Usaha bidang konveksi ini sudah termasuk ke dalam 6 besar nominasi, Lomba Pekan Kewirausahaan Pemuda Kabupaten Ciamis pada tahun 2020.

Hal tersebut menjadi batu loncatan bagi pemuda dalam meningkatkan popularitas serta citra produk dalam menunjang Pembangunan Desa. (Diskominfo.eka)


Sumber : KM Fisip Univ Galuh Ciamis

Comments are closed.