Bupati Ciamis Hadiri Gerakan Tanam Padi Organik Kelompok Tani Tirta Pusaka Pamokolan

posted in: Kabar Ciamis | 0
Bupati Ciamis, Dr. H. Herdiat Sunarya melakukan Penanam Perdana Padi Organik di Desa Pamokolan Kecamatan Cihaurbeti Ciamis

CIAMIS, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menghadiri Gerakan Tanam Padi Organik Kelompok Tani Tirta Pusaka bertempat di Desa Pamokolan Kecamatan Cihaurbeti. Kamis (26/11/2020).

Pada kesempatan tersebut Bupati Ciamis didampingi oleh Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Budi Slamet Wibowo beserta Camat Cihaurbeti, Kapolsek, Danramil dan Kepala Desa Pamokolan.

Dalam sambutannya, Bupati Ciamis mengatakan Kabupaten Ciamis memiliki Sumber Daya Alam yang melimpah sehingga patut disyukuri dan dimanfaatkan sebaik-baiknya.

“Kita harus benar-benar menikmati dan mensyukuri karunia tuhan yang telah diberikan kepada kita, Ciamis memiliki sumber daya alam yang melimpah, kita harus bisa memanfaatkannya dengan baik. Baik dengan pertanian, peternakan atau perikanan, ” Ucap Herdiat.

Herdiat mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi penuh para pihak- pihak penyelenggara kegiatan, seperti Camat dan Kepala Desa karena telah mempelopori kegiatan penanaman padi organik.

“Kami ucapkan terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Camat, Kepala desa dan pihak penyelenggara kegiatan, karena telah mempelopori kegiatan penanaman padi organik. Perlu diketahui di Kabupaten Ciamis lebih dari 60% berprofesi sebagai petani, sisanya ASN, Polisi, Pengusaha dan lain-lain, ” ungkapnya.

Ia menuturkan Pemerintah Kabupaten Ciamis telah menentukan Ciamis Utara sebagai kawasan agropolitan karena keadaan wilayahnya mendukung.

“Pemkab Ciamis telah menentukan kawasan agropolitan yaitu di Ciamis bagian Utara seperti Panumbangan dan Cihaurbeti, hal itu karena daerah tersebut sangat mendukung untuk pertanian, ” Jelasnya.

Selain itu, dalam kesempatan tersebut Bupati Ciamis tidak lupa mengajak untuk senantiasa mempedomani Protokol kesehatan dan membiasakan diri dengan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

“Jumlah terkonfirmasi positif di Ciamis setiap harinya terus meningkat, untuk memutus mata rantai Covid 19 kita harus mempedomani protokol kesehatan dan membiasakan diri dengan AKB. Kalau kita mempedomaninya maka kita akan segera kembali pada kehidupan normal,” tuturnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Ciamis Budi Slamet Wibowo mengatakan Tujuan kegiatan tersebut adalah untuk memotivasi petani untuk meningkatkan hasil pertanian melalui kelompok tani.

“Gerakan tanam padi organik ini difokuskan terlebih dahulu di Cihaurbeti, dengan anggaran dari APBD tahun 2020 dan menggunakan lahan pertanian seluas 2 Hektar yang terbagi ke pada 4 desa, ” Terangnya.

sumber: Humas Ciamis

(Visited 53 times, 1 visits today)
Our Reader Score
[Total: 1 Average: 5]