Lonjakan Kasus Positive Covid-19 Meningkat, Bupati Ciamis Larang ASN Keluar Daerah

posted in: Kabar Ciamis | 0
Bupati Ciamis, Dr. H. Herdiat Sunarya memimpin langsung Rapat Penanganan Covid 19 bersama Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kabupaten Ciamis di Aula Setda

Ciamis,- Lonjakan Kasus Positif Covid-19 di Kabupaten Ciamis terjadi lonjakan sampai dengan minggu keempat bulan November mencapai 395 orang, dalam kurung waktu satu bulan tidak pernah kurang dari 100 orang positif.

Hal tersebut dikatakan Bupati Ciamis, Dr. H. Herdiat Sunarya dalam rapat penanganan covid-19 dengan gugus tugas percepatan penanganan covid-19, kepala OPD se-Kabupaten Ciamis, para camat dan Unsur Forkopimda di Aula Setda Kabupaten Ciamis, Jum’at, (27/11/2020).

“Kenapa di Kabupaten Ciamis ini terus saja menunjukan kenaikan kasus positif covid-19 ? Itu karena Kabupaten Ciamis betul-betul terukur dan serius dalam melakukan test swab, bahkan kita sudah jauh melampaui standar WHO,” ujar Bupati Herdiat.

Ditambahkan Bupati Ciamis, hal merupakan bukti pemerintah selaku pelayana masyarakat.

“itu membuktikan bahwa kita sebagai pemerintah, ASN, benar-benar selaku pelayan masyarakat, sebagai tanggung jawab kita, yang bisa melindungi dan mengayomi masyarakat, saya disini tidak ada kepentingan politik, saya hanya ingin betul-betul memperhatikan kondisi kesehatan masyarakat di Kabupaten Ciamis,” ungkapnya.

Bupati Herdiat berpandangan pada saat ini Kabupaten Ciamis semakin urgent, dan harus betul-betul mendapat perhatian kita semua.

“Kita harus betul-betul menyikapi dan menindak lanjuti bagaimana caranya memutus mata rantai covid-19, terlebih juga informasi data baru yaitu ada beberapa kluster baru yang sudah menyerang pada kluster ASN, sehingga harus betul kita sikapi dan tindak lanjuti, terlebih apalagi kita mempunyai target pesta demokratis, pesta demokrasi pelaksanaan pilkades,” terang Bupati.

Kekhawatiran Bupati juga merujuk terhadap pelaksanaan Pilkades bila harus tetap dilaksanakan.

“Kepada seluruh petugas yang terlibat dalam pelaksanaan Pilkades nanti, agar bisa saling terkoordinasi dengan baik dan benar-benar bisa tegas menindak bagi yang tidak menerapkan protokol kesehatan,” tegasnya.

Dikatakan Bupati, Ciamis sebetulnya bisa menuju menjadi zona hijau, caranya adalah paling tidak kita dapat membantu atau meringankan petugas medis, caranya adalah dengan saling mengingatkan atau saling mensosialisasikan, imbuhnya.

Dalam paparannya, Bupati Herdiat memaparkan, update data kasus positif covid-19, hari kemarin terdapat 364 orang, dan sampai saat ini sudah mencapai 395 Orang, itupun sebagian sisa hasil swab tidak kurang dari 100 sample belum tertangani sehingga tidak menutup kemungkinan hari ini akan ada tambahan lagi, urainya.

“Kemarin telah dilaksanakan swab test, hampir 300 orang yg dilakukan swab test dan terkonfirmasi positif terdapat 24 orang tenaga ASN,” tambahnya.

Bupati Ciamis menegaskan bahwa Pemkab Ciamis telah mengeluarkan Surat Keputusan (SK) Bupati tentang larangan bagi para ASN yang hendak keluar daerah.

“Kalau kemarin hanya himbauan rekomendasi dan masih ada toleransi bila ada izin dari atasan, namun sekarang sama sekali tidak boleh, bila dilanggar maka ada sanksi ada resiko,” tegas bupati.

Di penghujung acara, Bupati Ciamis berharap keseriusan semua pihak dalam menangani pandemi Covid 19.

“Intinya, saya berharap keseriusan kesungguhan kita dalam menangani Pandemi covid-19, tidak boleh lengah apalagi diabaikan, pungkasnya. (diskominfo.cucu/azizal)

(Visited 106 times, 1 visits today)
Our Reader Score
[Total: 0 Average: 0]