Tingkatkan Kapasitas Pengurus BUMdes, DPMD Kabupaten Ciamis Gelar Pelatihan

posted in: Kabar Ciamis | 0
Plt. Kepala DPMD Kabupaten Ciamis, Drs. Ika Darmaiswara, memberikan sambutan pada kegiatan pelatihan Peningkatan Kapasitas Pengurus BumDes se-Kabupaten Ciamis secara virtual.

Ciamis,- Bertempat di Aula Kampus Fisip Universitas Galuh Ciamis DPMD Kabupaten Ciamis menggelar pelatihan peningkatan kapasitas pengurus BUMdes secara Virtual yang di ikuti oleh pengurus BUMdes tiap Kecamatan se-Kabupaten Ciamis. Selasa, (15.12.20).

Kegiatan yang di buka oleh Plt. Kepala DPMD Kabupaten Ciamis, Drs. Ika Darmaiswara dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini merupakan suatu bentuk kepedulian terhadap program pemerintah daerah dan Provinsi Jawa Barat dalam rangka mendukung program pemberdayaan masyarakat dan desa, katanya.

Drs. Ika Darmaiswara menambahkan, bahwa BUMD memiliki peran penting sebagai motor penggerak pemanfaatan potensi dan peningkatan perekonomian masyarakat di desa, tambahnya.

“Pemerintah memberikan dukungan besar agar desa memiliki badan usaha yang mampu mengembangkan dan menggerakkan perekonomian lokal,” ujarnya.

Oleh karena itu, untuk menunjang peningkatan ekonomi desa, diperlukan adanya badan usaha milik desa BUMdes yang menjadi wadah pemerintah desa dan warganya yang secara profesional melaksanakan program pemberdayaan perkonomian di tingkat desa, tuturnya.

“Badan ini dapat menjadi wadah usaha mikro dan kecil (UMK) yang banyak terdapat di pedesaan, oleh karena itu, pengelolaannya harus dilakukan secara profesional, kooperatif, mandiri dan berkelanjutan,” tegasnya.

Ia berharap, melalui BUMdes kedepan masyarakat diharapkan bisa menjadi mayarakat yang produktif, bukan hanya masyarakat yang konsumtif, karena dengan masyarakat yang produktif maka secara langsung akan menghasilkan nilai konsumtif juga.

” Ayolah, kini sudah saatnya desa membangun, bukan lagi membangun desa, karena bila desa membangun itu berartikan desa yang mempunyai tekad dan keinginan untuk membangun dalam pengembangan potensi yang ada,” tandasnya.

Dalam serangkaian acara tersebut digelar kegiatan “Gelar Produk Mitra BUMdes Kabupaten Ciamis” dengan slogan menjalin kerjasama untuk membangun desa yang bertempat di halaman kampus Fisip Universitas Galuh Ciamis. (Diskominfo.cucu/azizal)

(Visited 65 times, 3 visits today)
Our Reader Score
[Total: 1 Average: 5]