Wabup Yana Ikuti Rakor Kesiapan Vaksinasi Covid-19 Bersama Mendagri Secara Virtual

posted in: Kabar Ciamis | 0
Wakil Bupati Ciamis, Yana D. Putra mengikuti Rakor Virtual terkait Kesiapan Vaksinasi Covid -19 dengan Mendagri dari Opp Room Setda Ciamis, Selasa, 5/01/2021.

CIAMIS, – Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra mengikuti Rapat Koordinasi dalam rangka kesiapan Vaksinasi Covid-19 dengan Menteri Dalam Negri Secara Virtual bertempat di ruang Oproom Sekretariat Daerah Kabupaten Ciamis, Selasa (05/01/2021).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dengan didampingi oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo bertempat di Sasana Bhakti Praja Kementrian Dalam Negeri.

Dan diikuti oleh seluruh kepala Daerah Gubernur, Bupati / Walikota serta Kepala Dinas Kesehatan seluruh Indonesia secara virtual.

Kegiatan dilaksanakan atas dasar peraturan Republik Indonesia Nomor 99 tahun 2020 Tentang Pengadaan vaksin dan pelaksanaan vaksinisasi dalam rangka penanggulangan pandemi Corona virus Disease (COVID) 2021 serta untuk memberikan dukungan dan fasilitas dalam percepatan dan kelancaran pelaksanaan vaksinasi.

Dalam kesempatan tersebut Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan Kegiatan Vaksinasi akan dilakukan dua periode dengan prioritas vaksinasi pertama pada Tenaga Kesehatan dan Pelayanan Publik.

“Kegiatan Vaksinasi akan dilakukan 2 periode, Periode pertama Januari sampai April 2021 dengan tujuan 1,6 juta petugas kesehatan serta 17,4 juta Petugas Publik dan 21,5 juta Lansia.”

“Sedangkan periode 2, April 2021 sampai dengan Maret 2022 tujuanya kepada 63,9 juta masyarakat rentan dan 77,1 juta masyarakat lainya.” jelas Menkes.

Budi menuturkan pendistribusian vaksin telah dimulai sejak tanggal 4 januari 2020 dengan target tanggal 7 Januari semua vaksin sudah tersebar di 34 Propinsi.

Sementara itu Ia mengatakan untuk rencana penyuntikan perdana akan dimulai tanggal 13 Januari 2020 yang akan dimulai oleh pejabat publik dan akan diikuti secara serentak di 34 propinsi.

“Rencana penyuntikan perdana akan dimulai tanggal 13 Januari 2020 yang akan dimulai oleh pejabat publik pusat seperti Presiden, Menteri, Gubernur, Panglima kemudian pengurus asosiasi profesi tenaga kesehatan dan para tokoh agama dengan disiarkan secara langsung,” tuturnya.

“Selanjutnya pada tanggal 14 dan 15 Januari disusul oleh 10 perwakilan di daerah termasuk kepala daerah dan forkopimda di 34 propinsi, tujuanya untuk meningkatkan kepercayaan dan partisipasi tenaga kesehatan dan publik,” tandasnya.

Sementara itu Kepala BNPB Doni Monardo menekankan masyarakat agar tetap mempedomani protokol kesehatan meskipun vaksinasi telah dilaksanakan mengingat kasus aktif nasional ahir-ahir ini mengalami peningkatan.

“Meski vaksin sudah ada, masyarakat harus tetap menjaga protokol kesehatan dengan melaksanakan 3M, jangan sampai masyarakat menganggap dengan adanya vaksin permasalahan sudah selesai,” ucap Doni.

“Vaksinasi bukan satu-satunya cara terlepas dari covid 19, kepatuhan protokol harus tetap konsisten.” jelasnya.

Doni juga mengintruksikan agar posko covid di bentuk sampai sistem pemerintahan terkecil dengan mengalokasikan anggaran baru untuk posko terpadu dari tingkat provinsi sampai tingkat RW atau RT.

Turut hadir mendampingi Wakil Bupati Ciamis Kepala Dinas Kesehatan dan Kepala BPBD Kabupaten Ciamis.

Sumber : Humas Ciamis

Our Reader Score
[Total: 1 Average: 5]
(Visited 79 times, 1 visits today)