Sinergitas P4GN, BNNK Ciamis Berdayakan Masyarakat Anti Narkoba di Lingkungan Swasta

posted in: BNN News, Kabar Ciamis | 0
Kepala BNNK Ciamis, Engkos Kosidin memberikan sambutan pada Raker BNNK Ciamis dengan para Management Perusahaan sebagai upaya Pemberdayaan Masyarakat Anti Narkoba di Lingkungan Swasta, 24/03/2021.

Tasikmalaya,- BNNK Ciamis Gelar Rapat Kerja (Raker) Pemberdayaan Masyarakat Anti Narkoba di Lingkungan Swasta, bertempat di Tulip Meeting Room Hotel Santika Tasikmalaya. Rabu (24/3/2021).

Sebanyak 20 orang peserta perwakilan dari unsur management perusahaan swasta lingkup Kabupaten Ciamis mengikuti kegiatan tersebut.

Menurut Ketua Tim Pelaksana P2M BNNK Ciamis, Yudi Sukmayadi, S.H., kegiatan ini untuk meningkatkan sinergitas dengan pihak swasta dalam upaya P4GN. Selain itu, juga untuk menyampaikan informasi tentang permasalahan narkoba yang terus berkembang saat ini.

“Kondisi ini menjadi perhatian semua pihak, karena tidak bisa ditangani oleh BNN ataupun penegak hukum saja”, ujar Yudi.

“Untuk menangani permasalahan narkoba dibutuhkan peran serta seluruh komponen masyarakat, termasuk lingkungan swasta didalamnya”, ucap Yudi.

Upaya pencegahan harus dilakukan secara menyeluruh dengan melibatkan komponen masyarakat termasuk para peserta kegiatan ini, katanya.

Dituntut kepekaan dan peranserta semua pihak, sehingga diharapkan dapat menekan laju angka penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba, pungkas Yudi.

Menurut Kepala BNNK Ciamis, Engkos Kosidin, S.Sos., M.Si., dalam sambutannya mengatakan bahwa mewujudkan lingkungan swasta yang bersih dari narkoba merupakan hal yang harus dilaksanakan. Selain dapat menjaga dan meningkatkan produktifitas kerja juga dapat meningkatkan nama baik perusahaan, ujarnya.

Strategi dan kebijakan dalam pendekatan penanganan narkoba harus dilakukan secara komprehensif, baik dari sisi demand reduction juga dari sisi supply reduction, kata Engkos.

Peran serta masyarakat dalam upaya P4GN diamanatkan dalam Undang-undang Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika, mulai dari pasal 104 hingga pasal 108. Didalamnya terdapat hak dan tanggungjawab masyarakat dalam upaya P4GN, jelasnya.

Berharap melalui kegiatan ini dapat membangun kesadaran dan peranserta masyarakat khususnya lingkungan swasta terhadap upaya penanggulangan narkoba, pungkasnya.

Adapun hasil dari Raker ini diantaranya bahwa lingkungan swasta yang bergerak dibidang usaha yang ada di wilayah kabupaten Ciamis merespon baik dan berkomitmen untuk mengimplemantasikan program Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Perdaran Gelap Narkoba (P4GN) di linkungannya masing-masing.

Menjalin kerjasama serta menguatkan sinergitas dengan BNNK Ciamis dalam upaya mewujudkan lingkungan kerja yang bersih narkoba.

Salah satu bentuk implementasi dari perusahaan dalam mewujudkan lingkungan yang bersih narkoba dengan membuat himbauan anti narkoba yang ditempatkan pada lokasi strategis di lingkungan kerjanya masing-masing.

Membuat regulasi ataupun peraturan yang memuat nilai-nilai anti narkoba sebagai bentuk preventif dalam upaya pencegahan penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba.

 

Para peserta kegiatan Raker Pemberdayaan Masyarakat Anti Narkoba membacakan Deklarasi sebagai komitmen mewujudkan lingkungan swasta yang bersih narkoba.

Kegiatan ditutup dengan pembacaan deklarasi oleh peserta dalam berkomitmen untuk mewujudkan lingkungan swasta yang bersih dari narkoba.

Doskominfo Ciamis
Sumber: BNNK Ciamis

Comments are closed.