Tingkatkan Pemahaman Kader Tentang Pola Asuh Anak dan Remaja, TP PKK Ciamis Gelar Lomba TRIAD KRR

posted in: Kabar Ciamis | 0
Presentasi. Salah seorang kader peserta lomba sedang presentasi di depan juri pada kegiatan Lomba Kader PKK Pokja 1 di Gedung PKK Ciamis, Selasa, 30/03/2021.

Ciamis,- Dalam upaya meningkatkan pengetahuan segenap jajaran TP-PKK dan masyarakat mengenai pola asuh anak dan remaja, Tim Penggerak PKK Kabupaten Ciamis menggelar Lomba Kader tentang bahaya TRIAD KRR, bertempat di Gedung PKK Ciamis, Selasa, 30/03/2021.

TRIAD KRR adalah tiga resiko yang dihadapi oleh remaja, yaitu Seksualitas, HIV/ AIDS dan Napza. KRR merupakan kepanjangan dari Kesehatan Reproduksi Remaja, dan Napza adalah singkatan dari Narkotika, Alkohol, Psikotropika, dan zat adiktif lainnya, kata lain yang sering dipakai adalah Narkoba.

Menurut Ketua TP PKK Kabupaten Ciamis, Hj. Kania Ernawati Herdiat, masa anak-anak dan remaja merupakan masa penting dalam menentukan kehidupan anak dan remaja di masa depan sehingga pola asuh yang tepat sangat diperlukan, ujarnya.

Ketua TP. PKK Kabupaten Ciamis, Hj. Kania Ernawati Herdiat memberikan sambutan pada lomba Kader PKK tingkat Kabupaten Ciamis

Hj. Kania Ernawati Herdiat mengingatkan akan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi saat ini.

“Kemudahan mengakses informasi ini menjadikan anak dan remaja rawan memperoleh informasi negatif. Karena apa yang mereka lihat dan dengar, cenderung mereka contoh sehingga anak rentan terkena efek negatifnya berupa TRIAD KRR yaitu seks bebas, narkoba dan HIV/AIDS,” terangnya.

Sehubungan hal tersebut, menurut Hj. Kania bahwa tidak sedikit orang tua yang belum memahami bahaya hal tersebut sehingga perlu adanya bimbingan dari para kader agar pola asuh anak dan remaja dapat terlaksana dengan baik, ujarnya.

Sementara ketua panitia lomba, Gita Griselda mengatakan lomba kali ini diikuti 6 (enam) peserta dari Pokja 1 yang masuk ke babak final, di antaranya yaitu TP-PKK Kecamatan Panumbangan, Panawangan, Lumbung, Jatinagara, Rancah, dan Cisaga.

Bertemakan “Pengasuhan orang tua terhadap anak dan remaja agar terhindar dari TRIAD KRR” Gita Griselda mengatakan lomba kader ini bukan semata untuk lomba saja, tetapi untuk mengetahui sejauh mana pemahaman kader PKK mengenai pola asuh anak dan remaja yang penuh cinta dan kasih sayang dalam keluarga, terangnya.

Selain itu, dikatakan Gitta Griselda, untuk meningkatkan motivasi sekaligus penghargaan bagi para kader yang telah melaksanakan pengabdian kepada masyarakat, ujarnya.

Dipenghujung acara, Hj. Kania mengucapkan selamat kepada para finalis lomba kader Pokja 1 (satu).

“Semoga keberhasilan ibu-ibu masuk ke babak final ini semakin meningkatkan motivasi dan kinerja dalam mengabdi kepada masyarakat,” pungkasnya.

Diskominfo Ciamis
Jurnalis Wahyu

Our Reader Score
[Total: 0 Average: 0]
(Visited 57 times, 1 visits today)