Persiapan BUBOS Ke-5, Pemkab Ciamis Putuskan Pelaksanaannya Secara Virtual

posted in: Kabar Ciamis | 0
Asisten Pemerintahan dan Kesra, Ika Darmaiswara, memimpin rapat persiapan Buka Bersama on the Screen (BUBOS) yang akan digelar Sabtu 24 April mendatang.

Ciamis,- Berdasarkan Instruksi dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat, pelaksanaan “Buka Bersama on the Street” (Bubos) Ke-5 Tahun 2021 akan dilakukan pada tanggal 24 April mendatang dan dilakukan secara Virtual.

Disampaikan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Ika Darmaiswara, pada rapat pelaksanaan BUBOS Ke-5, dikatakan akan dilakukan secara berbeda dengan pelaksanaan BUBOS pada tahun sebelumnya.

“Biasanya BUBOS dilakukan secara gebyar, kini dilakukan secara sederhana atau terbatas karena pandemi,” katanya.

“Kegiatan BUBOS ke-5 ini dilakukan secara sederhana, biasanya dulu dilakukan secara gebyar di Taman Raflesia Ciamis, kini harus dipertimbangkan dengan adanya pandemi sehingga akan dilakukan secara terbatas dan dilakukan serentak secara virtual, akan tetapi tentu itu tidak dimaksudkan untuk mengurangi kekhidmatannya,” tambahnya.

Kendati demikian, menurut Ika, kegiatan program kebaikan di bulan Ramadhannya akan tetap ada, seperti pembagian sembako yang akan di mulai pukul 10.00 pagi sampai dengan pukul 12.00 siang dengan pembagian kemasan-kemasan dan makanan yang tidak mudah basi, tambahnya.

Pada rapat persiapan tersebut, Ika juga menginformasikan bahwa Pemprov Jabar sudah mempersiapkan 27.000 makanan atau sembako untuk warga prasejahtera di 27 Kabupaten/Kota dengan pembagian 1.000 Packs untuk Kabupaten/Kota, paparnya.

Lanjut, ia berkata kegiatan BUBOS ini akan dilaksanakan di rumah dinas Kabupaten/Kota dimana di Ciamis sendiri akan dilakukan di Pendopo dengan pembatasan 50% dari kapasitas ruangan, katanya.

Ia juga mengatakan adapun yang tergabung dalam kegiatan buka bersama (BUBOS) ini selain dari pada Pemerintah, ASN di setiap OPD, juga terdapat dari Baznas, Bank BJB, Bank BRI Ciamis dan Jabar bergerak.

Sementara ditambahkan Kabag Kesra Ihsan Rasyad dalam serangkaian pelaksanaan BUBOS ini juga terdapat pelaksanaan perlombaan-perlombaan, diantaranya lomba anak sholeh atau Kontes Anak Soleh (KOAS) diantaranya Lomba Tahfidz Quran, Adzan dan Da’i Cilik, urainya.

Dimana untuk pelaksanaan lombanya akan dilaksanakan pada tanggal 20 april secara virtual dengan memperhatikan protokol kesehatan, tambahnya.

Hal senada disampaikan Ketua TP-PKK Kabupaten Ciamis, Hj. Kania Ernawati Herdiat mengungkapkan bahwa TP. PKK akan berpartisipasi dengan pembagian pokja sesuai dengan tusinya, diantaranya untuk lomba.

Sementara untuk kegiatan berbagi rantang (makanan/sembako), PKK akan bekerja sama dengan TP-PKK Kecamatan agar para pengurus yag ada di daerah sampai ke desa bisa melakukan kegiatan berbagi yang sama pada jam yang sama, tandasnya.

Diskominfo Ciamis
Jurnalis Cucu dan Wahyu

Our Reader Score
[Total: 0 Average: 0]
(Visited 42 times, 1 visits today)