Peringati Nuzulul Qur’an, Bupati Ciamis Ajak Masyarakat Ciamis Maknai Hikmahnya.

posted in: Kabar Ciamis | 0
Sambutan Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya Pada Peringatan Nuzulul Qur’an Tingkat Kabupaten Ciamis di Mesjid Agung Ciamis. Bupati Ciamis mengajak seluruh masyarakat untuk merenungi, mensyukuri hikmah Nuzulul Qur’an.

Ciamis,- Memperingati Nuzulul Qur’an 1442 Hijriah, Bupati Ciamis Dr. H. Herdiat Sunarya mengajak kepada seluruh masyarakat Kabupaten Ciamis untuk merenungi, mensyukuri hikmah Nuzulul Qur’an.

Malam Nuzulul Qur’an kali ini sendiri dilaksanakan di Mesjid Agung Ciamis dihadiri Bupati Ciamis didampingi Wakil Bupati dan Sekretaris Daerah serta disiarkan secara virtual yang diikuti para Kepala SKPD, Camat dan MUI se-Kabupaten Ciamis, Kamis Malam, 29/04/21.

“Malam ini membawa hikmah bagi siapapun yang merenunginya. Umat Islam di dunia meyakini malam yang bersejarah dan dimuliakan ini yaitu malam Nuzulul Qur’an”, ujar Bupati Herdiat.

“Al-Qur’an diturunkan kepada Nabi Muhammad Rasulullah SAW sebagai petunjuk dan rahmat bagi sekalian alam,” imbuhnya.

Bupati mengatakan bahwa Al-Qur’an adalah kitab suci yang dijaga kemurniannya, sumber hukum, syariat dan ilmu pengetahuan bagi manusia.

Diterangkannya, malam Nuzulul Qur’an merupakan malam diturunkannya Al-Qur’an pada Nabi Muhammad SAW di malam ke-17 di bulan Ramadan.

Beliau juga mengatakan diturunkannya Al-Qur’an kepada Nabi Muhammad SAW. Adalah sebagai petunjuk pembawa keselamatan dan pedoman bagi manusia

“Pada malam ini mari kita bersama-sama jadikan momentum Nuzulul Qur’an untuk mensucikan hati, saling introspeksi dalam membuat masyarakat yang Qurani dan masyarakat Ciamis yang berakhlak mulia”. Ajaknya

Pada kesempatan tersebut, Bupati Herdiat melaksanakan Shalat Isya dan Tarawih bersama masyarakat sekitar, dilanjutkan mendengarkan Tausiyah dari KH. Fadlil Yani Ainusyamsi dari Ponpes Darussalam dengan materi kajian Hikmah Nuzulul Qur’an.

Seruan Untuk Tidak Mudik

Dalam kesempatan ini Bupati Herdiat meminta dalam kegiatan Idul Fitri 1442 Hijriah agar masyarakat tidak mudik.

“Saya meminta masyarakat bisa bersabar pada Idul Fitri kali ini untuk tidak mudik dulu karena bila memaksakan akan berabe meski memaksakan nanti akan sangat menyusahkan saudara-saudara”. pinta Bupati.

Bupati menjelaskan meski masyarakat yang masih nekad mudik setelah pelarangan bisa lewat jalan-jalan tikus, namun nantinya di lingkungan RT dan RW akan ditanya dan diperiksa hasil tes swabnya dan apabila tidak bisa tunjukan maka akan diisolasi.

“Jadi akan percuma kalau pulang ternyata diisolasi, dan nanti harus diperiksa PCR secara mandiri dan itu bayar dengan uang sendiri, apabila positif maka akan diisolasi”. ujarnya.

“Jadi saya mohon untuk tidak mudik dulu pada Idul Fitri kali ini,” tegasnya.

Seruan Untuk Pedomani Prokes

Dalam sambutannya, Bupati Herdiat tak hentinya mengingatkan masyarakat Ciamis agar senantiasa tetap patuhi Prokes dalam menjalankan rangkaian ibadah di bulan suci ramadan

“Mari kita patuhi, pedomani protokol kesehatan dalam melaksanakan segala kegiatan termasuk menjalankan ibadah di bulan suci mengingat tracing Covid-19 yang semakin naik,” pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Herdiat juga memberikan bantuan hibah sebesar 200 juta Rupiah untuk perawatan Mesjid Agung, Hibah Audio, 100 paket sembako untuk kaum dhuafa, serta 100 paket santunan anak yatim.

Diskominfo Ciamis
Jurnalis Wahyu

Our Reader Score
[Total: 0 Average: 0]
(Visited 99 times, 1 visits today)