Sambil Ngabuburit, Forum Pemuda Dusun Singandaru Ikuti Penyuluhan Bahaya Narkoba

posted in: BNN News, Kabar Ciamis | 0

Kawali- Sambil ngabuburit, Forum Pemuda Dusun Singandaru Desa Kawalimukti Ciamis mengikuti Kegiatan Penyuluhan Tentang Bahaya Narkoba Kepada Generasi Muda, Kamis (29/4/2021).

Sebanyak 48 orang peserta dari Forum Pemuda dan kader DP3PKA hadir mengikuti kegiatan ini dengan antusias.

Asep Nandang selaku Kepala Dusun Singandaru, dalam sambutannya menjelaskan kegitan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran pemuda terhadap bahaya penyalahgunaan narkoba serta memberikan pengetahuan tentang jenis narkoba.

Diharapkan melalui kegiatan ini para pemuda dapat memahami bahaya narkoba, juga memberikan pemahaman akan pentingnya peran pemuda dalam mencegah peyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

“Penyalahagunaan narkoba hingga kini terus menjadi masalah yang harus mendapat perhatian serius dari semua pihak, dimana jumlah generasi muda yang menjadi korban penyalahgunaan narkoba terus bertambah”, jelas Asep.

Karena itu saya berharap, kegiatan ini nanti akan menjadi langkah awal untuk dilakukannya kembali penyuluhan tentang bahaya narkoba itu kepada generasi muda secara berantai dan menyeluruh, harapnya.

“Narkoba adalah musuh bersama, untuk itu harus dihindari penyalahgunaan narkoba. Jangan sampai generasi muda Dusun Singandaru menyalahgunakan narkoba”, pungkas Asep

Penyuluh Narkoba Ahli Pertama BNNK Ciamis Dian Ridwan M, S.Psi. dalam kesempatan ini menjadi narasumber dengan memaparkan materi yang berjudul “Mengenal Akar Permasalahan Narkoba di Indonesia”.

“Ini bukti dari peran pemuda dalam menanggulangi masalah narkoba. Dalam penanganan narkoba diperlukan peran aktif dari semua komponen baik pemerintah, swasta, juga masyarakat termasuk pemuda didalamnya”, ucap Ridwan.

“Inipun merupakan ajang penguatan pengetahuan P4GN di kalangan generasi muda dalam upaya mewujudkan Dusun Singandaru Bersinar (Bersih Narkoba)”, kata Ridwan

Dalam paparannya Ridwan menyampaikan tentang apa itu narkoba, jenis dan dampak buruk narkoba apabila disalahgunakan.

Menurut Ridwan, akar permasalahan narkoba diantaranya disebabkan adanya ketidak harmonisan baik di dalam keluarga atau tingkat sosial lainnya, gaya hidup dari orang tersebut, kurangnya pengetahuan serta adanya kesenjangan ekonomi.

“Narkoba dapat menimbulkan permasalah yang komplek, bahkan dapat melemahkan sebuah bangsa”, ujar Ridwan.

“Untuk itu diperlukan penanganan yang serius oleh semua pihak”, tegasnya

Diakhir paparan Ridwan berpesan jangan pernah mencoba menyalahgunakan narkoba, serta apabila ada keluarga, kerabat atau teman yang sudah terlanjur menggunakan narkoba untuk segera dibawa ke BNN guna dipulihkan dengan cara rehabilitasi, baik rehabilitasi sosial maupun rehabilitasi medis.

Diskominfo Ciamis
Sumber BNNK Ciamis

Our Reader Score
[Total: 0 Average: 0]
(Visited 56 times, 1 visits today)