Peringati One Day Literacy, Bunda Literasi Ciamis Ajak Masyarakat Gemar Membaca

posted in: Kabar Ciamis | 0
Bunda Literasi Kabupaten Ciamis, Hj. Kania Ernawati Herdiat memberikan sejumlah santunan pada anak yatim piatu pada acara One Day Literacy di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ciamis, Selasa, 11/05/2021.

Ciamis,- Bunda Literasi Kabupaten Ciamis, Hj. Kania Ernawati Herdiat menghadiri Peringatan Hari Buku Nasional dan Hari Pemberdayaan Perpustakaan tahun 2021 pada acara One Day Literacy yang digelar di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ciamis, Selasa, (11.05.21).

Dalam kesempatan tersebut, Hj. Kania mengajak kepada seluruh komponen dan elemen masyarakat serta para penggiat literasi dalam Peringatan Hari Buku Nasional untuk terus menggelorakan masyarakat gemar membaca.

“Masyarakat harus mampu memilih dan memilah mana bacaan yang bermanfaat dan berfaedah agar masyarakat Kabupaten Ciamis cerdas dalam berfikir dan cermat dalam memahami selanjutnya kuat dalam bertindak,” ujar Hj. Kania.

Menurutnya, membaca adalah salah satu pintu utama untuk dapat mengakses intelektualitas dan kecerdasan seseorang, terangnya.

Ia menuturkan, hal tersebut tentunya dapat dipahami dan dikuasai secara maksimal melalui proses membaca yang giat, tekun dan terus menerus, tuturnya.

Proses tersebut haruslah efektif guna menghasilkan pemahaman, antara lain dengan melakukan aktivitas membaca itu sendiri secara sinergi berkolaborasi dan di implementasikan dari apa yang telah di baca, berupa praktek ilmiah, dan menghasilkan sebuah karya, lanjutnya.

“Dengan bekal membaca itulah manusia akan mampu meningkatkan taraf hidup, baik personal maupun sosial dalam kehidupannya,” imbuh Bunda Literasi.

Terakhir, Hj. Kania menegaskan kembali, bahwa tanpa ilmu dari membaca dan implementasinya, manusia akan banyak menemui kesulitan untuk lebih maju sebagai sumber daya manusia yang intelektual dan berwawasan luas, tegasnya.

” Saya sebagai Bunda Literasi menyampaikan melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan berharap perpustakan sebagai solusi terbaik untuk mewujudkan masyarakat yang cerdas dan sejahtera,” tegasnya.

“Jadikan perpustakan daerah sebagai wahana membaca yang edukatif, kreatif, aktraktif dan rekreatif, bahkan harus menjadi tempat kegiatan masyarakat berbasis buku yang dinamis dan inklusif,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bunda Literasi Hj. Kania Ernawati Herdiat bersama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ciamis memberikan sejumlah santuan kepada anak yatim piatu.

Diskominfo Ciamis
Jurnalis Cucu

Our Reader Score
[Total: 0 Average: 0]
(Visited 63 times, 1 visits today)