Pemkab Ciamis Ikuti Rakor Komite Kebijakan Penanganan Covid-19 dan PED Jabar Secara Virtual

posted in: Kabar Ciamis | 0
Sekretaris Daerah Kabupaten Ciamis, H. Tatang sedang mengikuti arahan Sekda Prov Jabar terkait Perkembangan Persentase kasus Aktif Covid-19 Jawa Barat secara virtual, Senin, 24/05/2021

CIAMIS – Pemerintah Kabupaten Ciamis mengikuti rapat Koordinasi Komite Kebijakan Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Daerah Provinsi Jawa Barat bersama Pemprov Jawa Barat secara Virtual bertempat di ruang ULP Setda Ciamis. Senin (24/05/2021).

Rapat koordinasi tersebut diikuti oleh seluruh Kepala Daerah se Provinsi Jawa Barat melalui Virtual.

Untuk Kabupaten Ciamis diwakili oleh Sekretaris Daerah Dr. H Tatang M.Pd dengan didampingi oleh Kepala BPBD, Kepala Dinas Indag, dan Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Kab. Ciamis.

Dalam kesempatan tersebut Sekda Jabar Setiawan Wangsaatmadja menyampaikan Perkembangan Persentase Kasus Aktif
Provinsi Jawa Barat selama 4 pekan terakhir mengalami penurunan.

Sementara perkembangan persentase angka kesembuhan mengalami kenaikan 89,13% begitu juga dengan perkembangan persentase kematian naik 1,34%.

“Sampai saat ini terdapat satu Kabupaten Kota di Jawa Barat yang berada di zona risiko tinggi yaitu Kota Cirebon, ” Ungkapnya.

Sedangkan 25 kab/ kota lainya berada di risiko sedang dan satu berada d risiko rendah yakni Kabupaten Sukabumi.

“Perlu adanya penegasan kebijakan bersama dari pemerintah pusat dan daerah terkait pelaksanakan prokes yang sangat ketat di tempat umum pasca lebaran, guna mencegah peningkatan jumlah kasus positif covid- 19,” Jelasnya.

Selain itu Ia mengatakan perlu adanya peningkatan testing dan isolasi mandiri bagi yang terindikasi covid-19 pasca lebaran serta konsistensi sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat terkait aturan yang ditetapkan.

Terkait vaksinasi Setiawan menuturkan terdapat 1.287.944 Dosis (643.972 Orang) Sisa Vaksin yang dapat digunakan untuk mengakselarsi prosentase vaksinasi lansia.

“Sehingga perlu strategi untuk percepatan vaksinasi lansia untuk seluruh Kabupaten/Kota, ” Ucapnya.

Menanggapi hal itu Sekda Ciamis Dr. H Tatang M.Pd mengatakan laju kasus terkonfirmasi covid 19 di Kab. Ciamis mengalami puncaknya pada minggu terakhir bulan Maret dengan rata-rata terkonfirmasi positif Covid-19 dengan test PCR sekitar 31 Kasus per hari dan mulai mengalami penurunan secara signifikan dan mencapai rata-rata 21 kasus terkonfirmasi per hari pada minggu ini.

“Berdasarkan data dari Dinkes kenaikan yang tajam di Ciamis seringkali terjadi 2 sampai 4 Minggu setelah adanya libur panjang yang meningkatkan mobilisasi dan Interaksi masyarakat sampai Minggu ke-3 bulan Mei 2021 ditemukan 506 kasus baru terkonfirmasi positif Covid 19 dengan test RT-PCR, ” Jelasnya.

SUMBER: PROKOPIM CIAMIS

Our Reader Score
[Total: 0 Average: 0]
(Visited 54 times, 3 visits today)