BNNK Ciamis Gelar Rakor Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM)

posted in: BNN News, Kabar Ciamis | 0
Jelang pelaksanaan program Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM), Badan Narkotika Nasional Kabupaten Ciamis menggelar Rapat Koordinasi dengan Pemerintah Desa Kawalimukti yang telah menjadi Desa Bersinar, Selasa, 25/95/2021.

Kawali,- Dalam rangka memulai program Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM) Tahun 2021, Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Ciamis gelar Rapat Koordinasi (Rakor) dengan Pemerintah Desa Kawalimukti di Kantor Desa Kawalimukti jl.Pakuan No.14 Kawalimukti Kecamatan Kawali. Selasa (25/5/2021).

Dipilihnya Desa Kawalimukti sebagai lokasi rakor, karena Desa Kawalimukti telah menjadi Desa Bersinar sekaligus menjadi wilayah Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM).

Rapat Koordinasi dilaksanakan oleh Tim Rehabilitasi BNNK Ciamis dan dihadiri oleh Kepala Desa, BPD, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Puskesmas, PKK, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Tokoh Masyarakat serta Karang Taruna lingkup Desa Kawalimukti.

Menurut Sub Koordinator Rehabilitasi BNNK Ciamis, Rachman Haerudin, S.Sos., dalam rakor tersebut, bahwa Rehabilitasi itu merupakan serangkaian upaya pemulihan ketergantungan bagi pecandu dan korban penyalahgunaan narkotika, yang mencakup rehabilitasi medis, rehabilitasi sosial dan layanan pascarehabilitasi yang dilakukan secara kontinu dalam satu kesatuan layanan yang terintegrasi.

“IBM adalah upaya intervensi berkelanjutan terhadap penyalahguna narkoba yang diselenggarakan oleh mayarakat, dari masyarakat dan untuk masyarakat”, jelas Rachman.

“Jadi IBM sendiri bisa dikatakan dirancang dari masyarakat untuk masyarakat berdasarkan kearifan lokal desa setempat”, tambahnya

Lebih jauh Rachman menjelaskan bahwa dalam pelaksanakan IBM hanya menangani risiko penggunaan narkoba ditingkat ringan atau yang membutuhkan layanan bina lanjut.

Sedangkan untuk tingkat resiko sedang dan berat dapat dirujuk ke lembaga rehabilitasi atau fasilitas kesehatan.
Sehingga dapat dilihat bahwa IBM merupakan penanganan terdepan dan terdekat yang berada ditengah masyarakat, ucapnya.

Diakhir acara, Rachman menyampaikan, bahwa dalam rangka memperingati Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) yang setiap tanggal 26 Juni diperingatinya, mengajak peserta agar terus mendorong semua lapisan masyarakat untuk bersama-sama memerangi narkoba gelorakan semangat War On Drugs dan mewujudkan Desa Kawalimukti Bersih Narkoba menuju Indonesia Bersinar (Bersih Narkoba).

Selanjutnya Kepala Desa Kawalimukti, Asep Tatang Sudrajat, S.T., menyambut baik dengan adanya program IBM, khususnya di Desa Kawalimukti yang juga siap untuk menjadi Desa Bersih Narkoba (Bersinar).

“Ini merupakan satu langkah baik untuk merangkul masyarakat mengajak masyarakat luas dalam ikut serta menyelamatkan pecandu, korban penyalahguna supaya kembali sadar, pulih dan bisa diterima di tengah masyarakat kembali”, katanya.

Diharapakan peserta bisa memperkuat sinergitas nantinya dengan tim IBM dalam penanggulangan masalah narkoba khusunya membantu merehabilitasi, pungkasnya.

Diskominfo Ciamis
sumber : BNNK Ciamis

Our Reader Score
[Total: 0 Average: 0]
(Visited 52 times, 4 visits today)