Puluhan Pelaku Usaha Makanan Ringan Ikuti Sosialisasi Kemasan Produk

posted in: Kabar Ciamis | 0
Narasumber teknis kegiatan sosialisasi dan Pelaksanaan Pembangunan Sumber Daya Industri sedang memberikan penjelasan pentingnya kemasan kepada para pelaku usaha makanan ringan di Aula Dekopinda Ciamis, Selasa, 25/05/2021.

Ciamis,- Sebanyak 25 orang pelaku usaha makanan ringan di Kabupaten Ciamis ikuti acara Koordinasi Sinkronisasi dan Pelaksanaan Pembangunan Sumber Daya Industri ( Sosialisasi Kemasan ) yang digelar oleh DKUKMP Kabupaten Ciamis di Aula Gedung Dekopinda Kabupaten Ciamis pada hari selasa, ( 25.05.21 ).

Kabid Industri DKUKMP Kabupaten Ciamis Enok Kursilah mengatakan produk industri pangan akan dipengaruhi oleh proses pengolahan, pengemasan dan kondisi penyimpanan.

Ketiga faktor tersebut sangat berkaitan erat dalam menentukan kualitas akhir produk, jelas Enok

“Proses pengemasan yang baik dan tepat akan berkaitan dengan daya tahan produk yang diinginkan dan berkaitan pula dengan jenis bahan pengemas serta kesesuaian dengan bahan yang di kemas,” jelasnya.

Saat ini, menurut Enok, kemasan bukanlah sekedar bungkus dari produk semata, kemasan saat ini dimanfaatkan untuk beberapa keperluan, disesuaikan dengan keinginan dari konsumen serta diatur oleh pemerintah, terangnya.

Dihadapan peserta sosialisasi, Enok memaparkan kegunaan kemasan diantaranya yaitu sebagai wadah bagi produknya, untuk memudahkan penyimpanan produk di gudang, untuk memudahkan pengiriman dan pendistribusian, dan sebagai sarana iklan dan informasi, paparnya.

“Dari berbagai kegunaan kemasan tersebut yang paling memegang peranan penting adalah sebagai pelindung terhadap produk dan kegunaannya sebagai sarana iklan,” tegas Enok.

Di akhir acara, Kabid Industri berharap dengan adanya kemasan, maka produsen secara tidak langsung dapat memberikan informasi tentang produk yang dikemasnya kepada konsumen dan konsumen merasa lebih terjamin akan kepastian, keamanan pangan yang akan di konsumsinya, tandasnya.

Diskominfo Ciamis
Jurnalis Cucu dan Wahyu

Our Reader Score
[Total: 0 Average: 0]
(Visited 58 times, 1 visits today)