Pemkab Ciamis dan Universitas Galuh Sosialisasikan Program SID dan KIM

posted in: Kabar Ciamis | 0
Ketua Prodi Ilmu Pemerintahan Unigal Ciamis, Dini Yuliani memberikan cenderamata kepada Hendri Ridwansyah, Kabid Persandian dan Telematika Diskominfo sebagai Narasumber kegiatan Sosialisasi Sistem Informasi Desa dan KIM di Aula Desa Sukamaju Cihaurbeuti, Rabu, 09/06/2021

Ciamis,- Pemerintah Kabupaten Ciamis bekerjasama dengan Univeritas Galuh Ciamis menyelenggarakan Sosialisasi Sistem Informasi Desa (SID) dan Pengukuhan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang diselenggarakan di Aula Desa Sukamaju Kecamatan Cihaurbeuti Ciamis, Rabu, 09/06/21.

Ketua Prodi Ilmu Pemerintahan Universitas Galuh Ciamis, Dini Yuliyani, mengatakan hal ini merupakan implementasi salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi bidang pengabdian kepada masyarakat sehingga arah pembangunan yang di lakukan oleh Pemerintah Kabupaten Ciamis dapat sejalan dengan di Pemerintah Desa, ujarnya.

“Salah satunya dengan melakukan Sosialisasi Sistem Informasi Desa (SID) dan Pengukuhan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Cibaruyan,” jelasnya.

Hal senada disampaikan Plt. Kepala Desa Sukamaju, Tarso menjelaskan bahwa tujuan mengadakan kegiatan tersebut sebagai implementasi dari Perbup tentang Dana Desa.

“Desa itu wajid membentuk suatu wadah yang berkapasitas dalam pengelolaan informasi desa dan kedepannya Desa Sukamaju dapat terbantu baik dari KIM dan SID nya, bahkan untuk mewujudkan desa digital,” jelas Tarso.

Sementara Narasumber SID, Hendri Ridwasyah selaku Kabid Telematika dan Persandian Diskominfo Ciamis mengatakan, bahwa era digitalisasi seperti saat ini, pemerintahan sudah beranjak kepada sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) dan merupakan suatu keniscayaan yang tidak dapat kita hindari, diantaranya adalah dengan pembentukan SID, katanya.

“Mau tidak mau, saat ini kita sudah berada pada era 4.0 atau era digitalisasi, dimana semua bentuk layanan sudah serba digital dengan tujuan untuk mempermudah dan mempercepat layanan,” jelasnya.

Banyak manfaat yang bisa di dapat dari pemanfaatan era digitalisasi ini, ujar Hendri. Diantaranya yaitu untuk menyebarkan keterbukaan informasi publik, transparansi, baik itu pembangunan, keuangan desa, wisata dan lainnya.

Dalam keterbukaan informasi publik, Kasi Informasi Publik, Eka Yudha Katresna mengatakan bahwa KIM merupakan suatu layanan publik yang dibentuk dan dikelola dari, oleh dan untuk masyarakat, ujarnya.

Eka menuturkan, KIM dapat berperan dalam pemanfaatan era digitalisasi, dimana di dalamnya dapat diisi konten website desa yang meliputi informasi-informasi struktural organisasi desa, pembangunan, pengelola

Our Reader Score
[Total: 0 Average: 0]
(Visited 80 times, 1 visits today)