Rapat Paripurna Istimewa DPRD Ciamis, Bupati Ciamis Tekankan Optimisme, Kebersamaan dan Sinergitas Untuk Bangkit

posted in: Kabar Ciamis | 0
Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya memberikan sambutan pada Sidang Paripurna Istimewa DPRD. Bupati Herdiat menekankan Optimisme, Kebersamaan dan Sinergitas untuk Bangkit

Ciamis,- Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Ciamis dalam rangkaian Peringatan Hari Jadi ke-379 Kabupaten Ciamis digelar secara Virtual dari Ruang Sidang Paripurna DPRD Ciamis, Sabtu, 12/06/21.

Ketua DPRD, H. Nanang Permana mengatakan peringatan hari jadi merupakan momentum penting bagi kita dalam menumbuhkan optimisme dan rasa memiliki Kabupaten Ciamis, ujarnya.

“Walaupun pun peringatan hari jadi ini dilakukan dalam keprihatinan akibat wabah dari pandemi Covid-19, dimana masyarakat Ciamis harus melewati hari-hari berat akibat dampak pandemi Covid-19, tapi kita harus tetap optimis dan bersinergi dalam mengatasi dampak Covid-19 ini,” ujar Nanang.

Ditambahkan Nanang, Jika berbagai elemen masyarakat, jajaran pemerintahan daerah dan DPRD, dapat membangun kebersamaan untuk membangun kemajuan Kabupaten Ciamis, maka seberat apapun persoalan dan tantangan yang dihadapi akan dapat di tuntaskan dengan sebaik-baiknya, tambahnya.

“Dua tahun lebih pandemi Covid-19 dampaknya sangat terasa, baik bagi kehidupan masyarakat baik dalam kegiatan perekonomian maupun aktifitas sosial kemasyarakatan,” imbuhnya.

Sementara itu secara virtual dari Aula Setda Ciamis, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengatakan hal senada dengan Ketua DPRD akan perlunya optimisme dan bekerjasama dalam menegakan Protokol kesehatan dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Meskipun dalam keadaan pandemi, Pemerintah Kabupaten Ciamis tetap berusaha melakukan kinerja terbaiknya, karena pandemi Covid-19 bukanlah suatu penghalang dalam upaya Pemerintah Kabupaten Ciamis dalam membangun Ciamis tercinta ini.

Menurut Bupati Herdiat, keberhasilan Pemerintah Kabupaten Ciamis dalam membuktikan keseriusan dan komitmen pemerintah diantaranya meningkatkan dan memberikan prestasi dalam pelayanan, penanggulangan dan aspek lainnya, tuturnya.

“Beberapa prestasi yang telah berhasil meningkat secara bertahap pada tahun 2021, diantaranya adalah beberapa indikator kinerja pemerintah daerah selama 1 (satu) periode tahun ini, secara bertahap telah berhasil dicapai. Diantaranya adalah Indeks Pembangunan Manusia (IPM) tercapai sebesar 70,49 poin, meningkat sebesar 0,10 poin dibandingkan dengan tahun lalu sebesar 70,39 poin,” jelasnya.

Menurutnya, kenaikan IPM ini ditunjang oleh angka Rata-Rata Lama Sekolah (RLS) sebesar 7,7 tahun, angka Harapan Lama Sekolah (HLS) sebesar 14,06 tahun, Usia Harapan Hidup (UHH) sebesar 71,83 tahun, serta pengeluaran perkapita sebesar 9.288.000 rupiah.

“Demikian juga dengan indeks ini yang tercapai sebesar 0,336 poin, lebih baik bila dibandingkan dengan provinsi sebesar 0,398 poin, dan nasional sebesar 0,385 poin, urainya.

Bupati berharap melalui hari jadi ini menjadi momentum bagi majunya perekonomian Kabupaten Ciamis sesuai Visi Kabupaten Ciamis dalam upaya kemandirian ekonomi sejahtera untuk semua .

“Situasi dan kondisi ini tentunya harus dapat teratasi dan menjadi perhatian bersama, sehingga perekonomian di Ciamis bisa rebound dan bangkit pasca pandemi covid-19,” harap Bupati.

“Mari satukan tekad bekerja sama dan bersatu dalam memajukan Kabupaten Ciamis,” ajaknya.

Gubernur Jawa Barat dalam sambutannya yang diwakili oleh Asisten Administrasi, Dr. Dudi Sudrajat Abdurahim mengucapkan Selamat Hari Jadi yang ke-379 Kabupaten Ciamis dan berharap agar inovasi dan kolaborasi antara Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan Pemerintah Kabupaten Ciamis dalam pembangunan strategis dapat terus terjalin.

Menurutnya, mengingat membangun Jabar Juara dengan inovasi, kolaborasi, digitalisasi dan desentralisasi kolaborasi dan inovasi yang dikembangkan Kabupaten Ciamis terutama pada sektor-sektor unggulan seperti pengembangan destinasi wisata pembangunan pusat budaya dan kreatif center yang diharapkan dapat mendorong pemulihan ekonomi pasca Covid-19 di kabupaten Ciamis dapat terwujud dengan kemudahan akses menuju destinasi wisata dan promosi wisata, ujarnya.

“Melalui Peringatan Hari Jadi Kabupaten Ciamis yang ke-379 dapat menjadi Kabupaten yang lebih baik dan menjadi yang terbaik,” imbuhnya.

” Selamat Hari Jadi Kabupaten Ciamis yang ke-379, Dengan Semangat Hari Jadi Ke-379 Kabupaten Ciamis, Kita Tingkatkan Ciamis Sehat dan Bangkitkan Perekonomian Daerah, Ciamis Maju, Mandiri dan Sejahtera Untuk Semua,” tandasnya.

Jurnalis
Cucu dan Wahyu

(Visited 99 times, 1 visits today)
Our Reader Score
[Total: 0 Average: 0]