Tingkatkan Mutu Kemasan Produk, Puluhan Pelaku Usaha IKM Pangan Ikuti Sosialisasi Kemasan

posted in: Kabar Ciamis | 0
Kabid Industri DKUKMP Ciamis, Hj. Enok Kurniasih memberikan sambutan pada acara Sosialisasi Kemasan yang diikuti oleh puluhan pelaku usaha pangan di Dekopinda Ciamis, Selasa, 29/06/2021

Ciamis,- Dalam upaya mendukung peningkatan hasil produksi usaha mikro kecil menengah (UMKM), Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kabupaten Ciamis gelar sosialisasi koordinasi, sinkronisasi dan pelaksanaan pembangunan sumber daya industri atau sosialisasi kemasan.

Sebanyak 25 pelaku usaha IKM dari berbagai Kecamatan di wilayah Kabupaten Ciamis dengan antusias mengikuti kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan di Aula Dekopinda Ciamis, Selasa, 29/06/21.

Kepala Bidang Industri Dinas KUKMP Ciamis, Hj. Enok Kursilah menuturkan kegiatan sosialisasi kemasan ini merupakan sebagai salah satu upaya mengatasi permasalahan para pengusaha/produsen, khususnya IKM pangan.

“Tentunya ini diperlukan adanya program pembinaan dari pemerintah berupa kegiatan sosialisasi yang berkaitan dengan cara pengemasan produk yang baik dan juga sesuai dengan ketentuan,” jelasnya.

Menurutnya, dengan adanya kemasan maka produsen secara tidak langsung dapat memberikan informasi tentang produk yang dikemasnya kepada konsumen.

Selain itu juga, konsumen akan lebih merasa terjamin terhadap kepastian keamanan pangan yang akan di konsumsinya, terang Enok.

“Ada 3 faktor yang berkaitan erat dalam menentukan kualitas akhir produk, diantaranya adalah, produk industri pangan akan dipengaruhi oleh proses pengolahan, pengemasan dan kondisi penyimpanan,” urainya.

Lebih lanjut, Enok menambahkan terdapat 6 kegunaan dari kemasan, diantaranya sebagai wadah bagi produknya, untuk memudahkan penyimpanan produk di gudang, untuk memudahkan pengiriman dan pendistribusian, untuk mempermudah penghitungan jumlah produk, sebagai pelindung bagi produknya, dan terakhir adalah sebagai sarana iklan dan informasi, jelasnya.

Enok berharap melalui kegiatan sosialisasi ini dapat dijadikan sarana dalam usaha meningkatkan mutu kemasan produk IKM pangan di Kabupaten Ciamis sehingga dapat menjadi daya tarik bagi konsumen yang selanjutnya produk-produk tersebut dapat di pasarkan ke pasar yang lebih luas lagi, pungkasnya.

Diskominfo Ciamis
Jurnalis Cucu

Our Reader Score
[Total: 0 Average: 0]
(Visited 39 times, 1 visits today)