Bupati Ciamis Ikuti Rapat Bersama Mensos Terkait Pemberian Bantuan Beras

posted in: Kabar Ciamis | 0
Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya mengikuti Rapat secara virtual dengan Mensos Tri Rismaharani terkait penyaluran bantuan beras bagi masyarakat terdampak Covid-19

Ciamis,- Bupati Ciamis, Dr. H. Herdiat Sunarya ikuti Rakor bersama Menteri Sosial terkait pemberian bantuan Beras kepada masyarakat miskin sebagai langkah Pemerintah pusat atas pemberlakuan PPKM Darurat di Jawa dan Bali secara virtual di ruang Vidcon Setda Kabupaten Ciamis, Sabtu 17/07/21.

Menteri Sosial, Tri Rismaharini mengatakan ada beberapa program pemerintah pusat terkait bantuan sosial dalam PPKM Darurat ini.

“Pemerintah Pusat masih melakukan rapat pada pukul 13.00 agar masyarakat di Jawa dan Bali bisa mendapatkan akses untuk bantuan-bantuan yang akan diberikan pemerintah pusat selama PPKM Darurat ini,” ungkap Mensos.

Lanjut Mensos, tiap kabupaten/kota nantinya akan mendapatkan bantuan berupa beras sebanyak 3.000 KPM beras yang masing-masing per KPM nya 5 kg, jelasnya.

Mekanisme pembagiannya diberikan pada warga yang terkena dampak PPKM Darurat seperti para pedagang, tukang ojek yang tidak beroperasi dan sebagainya yang tidak bisa melakukan aktivitas ekonomi yang tidak mendapatkan bantuan sosial dari pemerintah sebelumnya, seperti BPNT, PKH dan BST, imbuhnya.

“Jadi nanti Bapak/Ibu Kepala Daerah bisa menyalurkan bantuan ini kepada warga yang tidak ada dalam data penerima bantuan sosial,” jelas Mensos

“Yang PKH dan BST itu pasti akan di bagi beras melalui Bulog, jadi untuk Jawa dan Bali ada sekitar kurang lebih12 Juta. Jadi BST diperpanjang 2 bulan,” lanjutnya.

Untuk penerima BPNT sebagian besar mendapat PKH sehingga sisanya saja BPNT yang berdasarkan usulan bapak/ibu Kepala Daerah kepada kami untuk dimasukan kedalam penerima bantuan sebanyak 5,6 juta penerima akan kita bantu dengan program BST yang penyalurnya itu melalui bank dan PT. POS, jelasnya.

“Mekanisme pembagian bantuan diberikan kepada pemerintah daerah masing-masing, yang mana lebih mengetahui kondisi wilayahnya,” ujarnya.

Selain pembagian beras, rencananya Mensos juga akan membagikan bantuan berupa masker dan vitamin pada warga masyarakat di Jawa dan Bali yang terkena dalam PPKM Darurat ini.

Mensos menghimbau kepada kepala daerah agar mampu memberikan petunjuk dan arahan kepada warganya untuk mematuhi Prokes dalam upaya menekan laju penyebaran Covid-19 saat ini.

Untuk pembagian masker Mensos berharap karang taruna dapat ikut terlibat dalam prosesnya.

Mensos mengharapkan penerima bantuan masker ini diberikan pada masyarakat yang tidak menerima bantuan akibat terdampak Covid -19 ini sehingga bantuan dapat merata mengingat masyarakat terdampak telah mendapatkan bantuan berupa uang dan beras, harapnya.

Untuk pemberian bantuan Vitamin, Mensos masih mengupayakan mengingat sulitnya dalam prosesnya akibat keterbatasan dalam ketersediaannya saat ini, jelasnya.

Terakhir, Mensos berharap kepada masyarakat untuk mematuhi prokes, karena kuncinya adalah disiplin kita dalam menggunakan masker dan mematuhi prokes lainnya, tandasnya.

Diskominfo Ciamis
Jurnalis Cucu dan Wahyu

(Visited 109 times, 1 visits today)
Our Reader Score
[Total: 0 Average: 0]