Selamatkan Dari Bahaya Narkoba, BNNK Ciamis Gelar Dialog Interaktif Remaja

posted in: Kabar Ciamis | 0
Kepala BNNK Ciamis menyampaikan bahaya penyalahgunaan narkoba kepada para remaja dan pelajar melalui dialog interaktif di salah satu rumah makan di Ciamis, Rabu, 28/07/2021

CIAMIS,- Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Ciamis Gelar Dialog Interaktif Remaja, dengan 10 Orang peserta perwakilan dari remaja yang masih duduk di bangku sekolah setingkat SMP dan SMA lingkup Kabupaten Ciamis. Bertempat di R.M. Simanalagi Jl. Drs. H. Soejoed No.19, Kertasari, Ciamis. Rabu (28/7/2021).

Menurut Engkos Kosidin, S.Sos., M.SI., selaku Kepala BNNK Ciamis menjelaskan kegiatan ini merupakan salah satu upaya pencegahan dini khususnya remaja dimana mereka masih duduk dibangku sekolah.

“Hal ini menjadi perhatian serius sebagai langkah awal dari sisi pencegahan terhadap bahaya penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja”, tambahnya.

“Narkoba tidak hanya menyasar orang dewasa saja namun sampai kepada generasi remaja yang merupakan generasi penerus dari bangsa ini”, jelasnya.

“Dalam menangani permasalahan narkoba diperlukan peran dari semua komponen bangsa termasuk generasi remaja, kita semua bersama bersinergi dengan segala kemampuan dan strategi secara komprehensif untuk melawan narkoba”, ucapnya.

“Peserta yang hadir ini sebagai contoh kelompok remaja baik di lingkungan sekolah maupun di tempat tinggalnya masing-masing dalam mencegah penyalahgunaan narkoba”, terangnya.

“Berharap peserta yang hadir mampu mensosialisasikan kembali informasi tentang bahaya penyalahgunaan narkoba di lingkungannya masing-masing, serta berpesan jangan sampai berani mencoba narkoba”, pungkas Engkos.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Narasumber. Bapak Palupi Wiryawan, S.H., M.H., dari Kejaksaan Negeri Ciamis dengan menyampaikan materi berjudul “Aku Anti Narkoba”.

Melalui dialog interaktif yang digelar ini mampu memberikan pengetahuan baru dan juga meneruskan informasi bahaya dan dampak narkotika kepada lingkungan para remaja, jelasnya disela paparan.

“Kegiatan ini merupakan satu upaya menyelamatkan para penerus bangsa ini dari narkoba”, tegasnya.

Menurut Palupi kita bisa cegah penyebaran dan penyalahgunaan narkoba dikalangan remaja diantaranya dengan membentuk satgas narkoba di kalangan remaja, menciptakan lingkungan bersih narkoba, melaporkan apabila ada peredaran gelap narkoba di lingkungan sekolah, menyampaikan pesan-pesan anti narkoba disetiap pertemuan atau kegiatan sekolah, serta membantu teman yang menjadi korban penyalahgunaan narkoba.

Selain itu, Palupi menjelaskan pula tentang Undang-Undang No. 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika dimana banyak pasal-pasal yang dilanggar oleh pelaku tindak pidana kasus narkoba.

Kegiatan lebih menarik dengan adanya interaksi pertanyaan serta dialog antara peserta dan narasumber, juga selama kegiatan berlangsung tetap melaksanakan protokol kesehatan.

Diskominfo Ciams
Sumber BNNK Ciamis

(Visited 91 times, 1 visits today)
Our Reader Score
[Total: 0 Average: 0]