Sinergitas Desa Dalam Menanggulangi Masalah Narkoba, BNNK Ciamis Gelar Kegiatan Intervensi Ketahanan Keluarga Berbasis Sumberdaya Pembangunan Desa

posted in: BNN News, Kabar Ciamis | 0
Kepala BNNK Ciamis, Engkos Kosidin memberikan sambutan pada Kegiatan Intervensi Ketahanan Keluarga Berbasis Sumberdaya Pembangunan Desa di Kawali, Kamis, 12/08/2021.

Kawali,- Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Ciamis Melaksanakan Kegiatan Intervensi Ketahanan Keluarga Berbasis Sumberdaya Pembangunan Desa, bertempat di Villa Cigintung View jalan Cigintung Talagasari Kawali. Kamis (12/8/2021)

15 Peserta yang hadir perwakilan dari Babinsa, Bhabinkamtibmas, BPD, Tokoh Masyarakat dan Perangkat Desa Kawalimukti.

“Instansi pemerintah termasuk pemerintah desa didalamnya harus mampu memberikan kontribusi terhadap upaya P4GN serta mendorong seluruh lapisan masyarakat untuk ikut mencegah, memberantas penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba”, ujar Engkos saat memberikan sambutan.

“Narkoba masuk ke semua lingkungan, baik pemerintah, swasta, bahkan sampai lingkungan masyarakat yang ada di pedesaan”, terangnya.

“Untuk mengantisipasi hal tersebut sangat dibutuhkan sinergitas dan kerjasama dari seluruh komponen masyarakat”, ucapnya.

Engkos mengharapkan adanya dukungan dari Pemerintah Daerah hingga Desa agar dapat terciptanya sinkronisasi dan sinergitas dalam menyusun kegiatan dengan BNN dalam bidang Pemberdayaan Masyarakat agar terciptanya Lingkungan Desa yang Bersih Narkoba (Bersinar).

“Untuk penanggulangan masalah narkoba diperlukan upaya yang terpadu dan komprehensif meliputi upaya pencegahan untuk menumbuhkan daya tangkal, pemberantasan untuk memutus mata rantai peredaran gelap narkoba dan rehabilitasi untuk memulihkan mereka yang sudah terpapar penyalahgunaan narkoba”, kata Engkos.

“Juga tidak kalah pentingnya peran keluarga dalam upaya Pencegahan penyalahgunaan narkoba”, ungkap Engkos.

“Keluarga merupakan sekup kecil di lingkungan masyarakat yang dapat memberikan daya tangkal terhadap penyalahgunaan narkoba bagi anggota keluarga khususnya anak-anak”, ucap Engkos

“Jadi seluruh komponen masyarakat ikut berperan aktif dalam upaya menanggulangi masalah narkoba, sinergikan kekuatan di desa untuk melawan narkoba itu yang diperlukan saat ini”, ucap Engkos.

“Mudah-mudahan dengan adanya dukungan yang kuat dari seluruh komponen akan memberikan kekuatan dalam menanggulangi masalah narkoba”, pungkas Engkos.

Selanjutnya Drs. Wawan Ruhiyat, M.M selaku Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Ciamis menjelaskan 8 (delapan) Fungsi keluarga sebagai dasar keluarga dalam melindungi dari bahaya penyalahgunaan narkoba.

“Kegiatan ini juga sebagai upaya pencegahan dini, salah satu bentuk upaya untuk pencegahan terhadap penyalahgunaan narkoba”, ucap Wawan.

Berharap peredaran dan penyalahgunaan narkoba khususnya di Desa Kawalimukti akan tertangani dengan adanya sinergitas yang kuat dari semua pihak termasuk Desa didalamnya, pungkas Wawan

Selama kegiatan berlangsung tetap melaksanakan Protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19.

Diskominfo Ciamis
Sumber BNNK Ciamis

(Visited 67 times, 1 visits today)
Our Reader Score
[Total: 0 Average: 0]