Tuntaskan Konektivitas Pada Layanan Publik, Kemenkominfo Luncurkan KPBU SATRIA

posted in: Kabar Ciamis | 0
Sekretaris Daerah Kabupaten Ciamis, H. Tatang Ikuti Peletakan Batu Pertama Program KPBU Satria secara virtual dari ULP Setda, Ciamis, Rabu, 18/08/2021. KPBU Satria merupakan upaya Kemenkominfo dalam menuntaskan konektifitas layanan publik di seluruh Indonesia.

Ciamis,- Sekretaris Daerah Kabupaten Ciamis, H. Tatang, hadiri acara peletakan batu pertama atau Ground Breaking Stasiun Pusat Pengendali Satelit, Network Operation Control dan Gateway Proyek KPBU SATRIA secara virtual dari ruang ULP Setda Kabupaten Ciamis, Rabu, 18/08/21.

Turut hadir pada acara tersebut, Kadisdik, Asep Saepul Rahmat, Kadis KUKMP, David Firdha dan Kabid Santel Diskominfo, Hendri Ridwansyah.

Menkominfo RI, Johnny G. Plate menjelaskan Proyek Kerjasama Pemerintah Badan Usaha Satelit Multifungsi Pemerintah (Proyek KPBU SATRIA) merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 109 Tahun 2020, jelasnya.

Beliau memaparkan, bahwa Proyek KPBU SATRIA dilaksanakan dengan menggunakan skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha dimana Kementerian Komunikasi dan Informatika sebagai penanggung jawab kerjasama proyek dan PT. Satelit Nusantara Tiga sebagai Badan Usaha Pelaksana.

Proyek KPBU SATRIA merupakan salah satu bentuk upaya dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dalam menuntaskan konektivitas pada layanan publik pemerintah di seluruh wilayah Indonesia, khususnya di Daerah Tertinggal, Terdepan dan Terluar (3T) dan perbatasan, terang Johnny.

Dikatakannya, Proyek KPBU SATRIA akan menggunakan teknologi High Throughput Satellite (HTS) dan memiliki kapasitas sebesar 150 Gbps yang direncanakan dapat melayani kurang lebih 150.000 lokasi layanan publik yang terdiri atas sarana pendidikan, fasilitas kesehatan, pemerintah daerah, administrasi pertahanan dan keamanan di seluruh wilayah indonesia.

“Saat ini Proyek KPBU SATRIA telah memasuki tahapan kontruksi dan ditargetkan peluncuran dapat dilaksanakan pada kuartal kedua 2023, serta diharapkan pada kuartal ke empat 2023 sudah dapat beroperasi,” imbuh Johnny.

Diskominfo Ciamis
Jurnalis Cucu dan Wahyu

(Visited 73 times, 1 visits today)
Our Reader Score
[Total: 0 Average: 0]